Sukses


Euro 2020: Aksi Heroik Simon Kjaer yang Selamatkan Christian Eriksen Banjir Pujian

Bola.com, Jakarta - Gelandang Timnas Denmark, Christian Eriksen, tiba-tiba pingsan di lapangan saat bersua Finlandia pada laga pertama Grup B Euro 2020. Beruntung, nyawa Eriksen bisa diselamatkan berkat aksi heroik Simon Kjaer.

Menjalani pertandingan di Parken Stadium, Sabtu (12/6/2021) malam WIB, Christian Eriksen tampil sejak menit awal. Pemain Inter Milan itu pun mampu menjadi motor serangan Denmark di lini tengah.

Namun, pada menit-menit akhir babak pertama, Eriksen tiba-tiba jatuh pingsan. Pemain Denmark yang berdiri dekat dengan langsung memberikan pertolongan, satu di antaranya adalah Simon Kjaer.

Bek AC Milan tersebut dengan sigap membalikkan badan Eriksen dan membuka mulutnya. Hal tersebut dilakukan agar mantan pemain Tottenham Hotspur tidak menelan lidahnya sendiri dan tetap bisa bernafas.

Dia juga memberikan CPR (resusitasi jantung paru) kepada Christian Eriksen. Tak lama berselang tim medis Timnas Denmark langsung datang dan memberikan bantuan kepada Eriksen.

Setelah sempat menjalani perawatan di pinggir lapangan, pemain berusia 29 tahun tersebut akhirnya sadarkan diri. Dia pun langsung dibawa ke rumah sakit, dan kondisinya dikabarkan semakin membaik.

Selain memberikan pertolongan pertama kepada Christian Eriksen, Simon Kjaer juga menginstruksikan kepada rekan setimnya untuk membentuk pagar. Upaya itu dilakukan agar kamera tidak menyorot Eriksen yang sedang mendapat perawatan.

Bek berusia 32 tahun tersebut juga menenangkan kekasih Christian Eriksen, Sabrina Kvist Jansen, yang berlari masuk ke lapangan untuk melihat kondisi sang pemain. Simon Kjaer dan kiper Kasper Schmeichel coba memberi semangat kepada Sabrina.

Aksi heroik Simon Kjaer tersebut menuai banyak pujian. Jurnalis, pengamat sepak bola, hingga klub Eropa memuji keputusan cepat Kjaer hingga bisa menyelamatkan nyawa Christian Eriksen.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 5 halaman

John Bennett (jurnalis BBC)

"Simon Kjaer dan Kasper Schmeichel: Dua pemimpin yang luar biasa dan manusia yang luar biasa. Reaksi mereka dan reaksi pemain lain di saat seperti itu sungguh luar biasa. Sulit digambarkan dengan kata-kata," tulis John Bennett di akun Twitter-nya.

3 dari 5 halaman

Angelo Mangiante (Jurnalis Sky Sports)

"Kapten dan pahlawan: Simon Kjaer. Sebelum petugas medis tiba di sana, dia mengamankan lehernya, membersihkan saluran udara dan memulai CPR. Bisa menyelamatkan nyawa Christian Eriksen. Tindakan kepahlawanan. Kjaer juga coba menjaga juga kekasih Cristian untuk tetap kuat, sangat emosional. Pria yang luar biasa. Sungguh bangga dengan Anda," tulis Angelo Mangiante di akun Twitter-nya.

4 dari 5 halaman

Fabrizio Romano (pakar transfer Eropa)

"Kita harus mengucapkan terima kasih lagi kepada staf medis. Kita banyak berbicara tentang sepak bola dan hal-hal 'bodoh' di sini, tetapi mereka pahlawan. Hari ini seperti hari biasanya," tulis Romano di akun Twitter-nya.

"Juga ucapan terima kasih kepada semua pemain Denmark - dan khususnya kepada Simon Kjaer. Itu adalah arti dari kata TIM. Tetap kuat, Chris," lanjutnya.

 

5 dari 5 halaman

FC Cologne

"Cepat sembuh, Christian Eriksen. Penghargaan untuk Simon Kjær, Anthony Taylor, dan pemain kedua tim, serta staf medis karena bereaksi begitu cepat," tulis klub Bundesliga, FC Cologne.

Sumber: Twitter

Video Populer

Foto Populer