Sukses


Euro 2020: Kumpulan Fakta Menarik Setelah Timnas Belgia Bungkam Finlandia

Bola.com, Saint Petersburg - Timnas Belgia berhasil membungkam Finlandia pada laga terakhir Grup B Euro 2020, Selasa (22/6/2021) dini hari WIB. Hasil tersebut membuat Belgia lolos ke-16 besar dengan status juara grup.

Menjalani pertandingan di Saint Petersburg Stadium, Timnas Belgia tampil menekan sejak bola digulirkan. Tim berjulukan De Rode Duivels itu mencatatkan 58 persen penguasaan bola, berbanding 42 persen milik Finlandia.

Belgia juga melepaskan 17 tembakan yang satu di antaranya mengarah ke gawang. Di sisi lain, Timnas Finlandia hanya memperoleh satu peluang bagus dari tujuh kesempatan.

Bermain dominan, Timnas Belgia berhasil membungkam Finlandia dengan skor 2-0. Sepasang gol Belgia tercipta setelah Lukas Hradecky melakukan gol bunuh diri pada menit ke-74, dan gol Romelu Lukaku menit ke-81.

Berkat hasil positif tersebut, De Rode Duivels berhak melenggang ke-16 besar Euro 2020 dengan status juara Grup B. Mereka mendulang sembilan poin, unggul enam angka atas Denmark yang secara mengejutkan lolos ke fase knock-out sebagai runner-up.

Pada 16 besar Euro 2020, Timnas Belgia akan menghadapi peringkat ketiga terbaik dari Grup A, E, atau F. Rencananya, duel tersebut bakal berlangsung di Estadio La Curtuja, Seville pada 28 Juni mendatang.

Berikut ini adalah sejumlah data dan fakta menarik pasca-duel Timnas Belgia versus Finlandia pada partai terakhir Grup B Euro 2020.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Data dan Fakta

1. Belgia hanya menelan satu kekalahan dari 26 pertandingan terakhir di seluruh ajang (22 kemenangan; 3 imbang). Timnas Belgia juga tak terkalahkan dalam 12 pertandingan terakhir (10 menang; 2 imbang).

2. Romelu Lukaku adalah pemain pertama di Timnas Belgia yang berhasil mencetak tiga gol dalam satu putaran final Euro. Secara keseluruhan, Lukaku telah mendulang lima gol pada putaran final Piala Eropa, tiga gol lebih banyak dibandingkan pemain Timnas Belgia lainnya.

3. Untuk pertama kalinya, Belgia meraih tiga kemenangan pada laga penyisihan grup Piala Eropa. Mereka juga mencetak tujuh gol dan hanya kebobolan satu gol.

4. Dalam 13 pertandingan terakhir fase grup putaran final Euro dan Piala Dunia, Timnas Belgia berhasil meraih 12 kemenangan dan hanya menelan satu kekalahan.

3 dari 3 halaman

Data dan Fakta

5. Timnas Finlandia hanya meraih satu kemenangan dari sembilan pertandingan terakhir (1 menang; 2 imbang; 6 kalah).

6. Sebelum duel hari ini, Finlandia tak terkalahkan dalam tujuh pertandingan terakhir melawan Belgia (4 menang; 3 imbang).

7. Timnas Belgia berhasil meraih kemenangan dalam 13 pertandingan terakhir di Euro (gabungan kualifikasi dan putaran final). Mereka juga mencetak dua gol atau lebih dalam lima dari tujuh pertandingan terakhir putaran final Piala Eropa.

8. Belgia hanya dua kali bermain imbang dari 19 pertandingan terakhir di putaran final Euro. Terakhir kali Timnas Belgia bermain imbang adalah ketika bersua Italia di Euro 1980.

Sumber: UEFA

Video Populer

Foto Populer