VIDEO: Robot Mirip Manusia Buatan Rusia Memprediksi Timnas Prancis Juara Euro 2020

VIDEO: Robot Mirip Manusia Buatan Rusia Memprediksi Timnas Prancis Juara Euro 2020

- Timnas Prancis kembali diprediksi akan menjadi juara di Euro 2020. Prediksi kali ini datang dari sumber yang cukup unik, yaitu robot mirip manusia buatan Rusia.

Robot humanoid tersebut buatan perusahaan yang bernama Promobot, yang berada di Perm, Rusia. Promobot adalah perusahaan produsen layanan robotik terbesar di Eropa utara dan timur.

Penampilan robot tersebut mirip dengan manusia. Kemampuan berpikirnya juga kurang lebih sama. Mereka bekerja menganalisa dengan neural network, atau sebuah sistem yang bekerja seperti jaringan syaraf otak manusia.

Neural network bekerja menganalisa ribuan data yang berkapasitas sekitar 10 gigabyte. Data-data yang diolah macam susunan pemain, kombinasi susunan pemain, cedera, dan bahkan lokasi dari 5 laga terakhir di Piala Eropa.

"Kesimpulan yang diberikan logis. Pertama, pemain dianalisa efektivitas, performa, statistik, kecepatan, jumlah pelanggaran, dan sebagainya. Kombinasi dari pemain juga dianalisa, seperti siapa yang akan bermain pada jam berapa dan dalam komposisi apa. Hal-hal tersebut juga ditambahkan ke dalam data statistik. Selain itu, kami menganalisa variabel yang mencakup stadion, hari pertandingan, dan cuaca," ujar Oleg Kivokurtsev, Direktur Pengembangan Promobot, seperti dilansir dari AP.

"Sayangnya, akurasi 100 persen tidak memungkinkan. Hal itu karena alam semesta kita tak terduga. Terdapat jumlah besar variabel yang berbeda, seperti seseorang bisa sakit, seseorang mungkin tidak datang, dan apa pun bisa terjadi. Hal tersebut tidak diduga. Namun, apa pun prediksi yang dihasilkan oleh neural network, hasilnya selalu lebih menarik dari prediksi," kata Kivokurtsev.

Sementara itu, Timnas Prancis menjadi yang difavoritkan menjadi juara di Euro 2020. Namun, juara Piala Dunia 2018 di Rusia tersebut kurang meyakinkan di fase grup dengan torehan sekali menang dan dua kali imbang. Pasukan Didier Deschamps bahkan sempat ditahan imbang 1-1 Hungaria.

Seperti apa bentuk robot mirip manusia buatan Rusia yang memprediksi Timnas Prancis juara Euro 2020 itu? Kalian bisa melihatnya dalam tayangan singkat di atas.

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 26 June 2021, 10:37 WIB

Video Terkait

Spotlights