Sukses


Kejutan 3 Tim Peringkat Tiga Fase Grup Euro 2020: Berstatus Underdog tetapi Sukses Tembus Perempat Final

Bola.com, Jakarta - Tiga tim peringkat tiga terbaik pada fase grup membuat kejuatan di Euro 2020, yakni Swiss, Republik Ceska, dan juga Ukraina. Berstatus tim underdog, ketiga tim tersebut justru sukses melenggang hingga ke perempat final.

Timnas Swiss meraih hasil buruk dalam dua pertandingan pertama di Grup A Euro 2020. Pada laga pembuka fase grup, mereka hanya mampu bermain imbang 1-1 kontra Wales di Olympic Stadium, Baku, 12 Juni lalu.

Hasil minor juga diraih pada pertandingan kedua Grup A. Meladeni Italia di Stadio Olimpico, Roma, 17 Juni 2021, Swiss babak belur dihajar dengan skor 0-3.

Namun pada laga terakhir, Timnas Swiss mampu bangkit. Bermain di Olympic Stadium, 20 Juni lalu, Swiss berhasil membungkam Turki dengan skor 2-1.

Meski hanya meraih satu kemenangan, sekali imbang, dan menelan satu kekalahan, Swiss tetap berhak melenggang ke-16 besar Euro 2020 dengan status peringkat ketiga terbaik di Grup A. Timnas Swiss mendulang empat poin, kalah selisih gol dari Wales di urutan kedua.

Kejutan Swiss pun berlanjut pada fase 16 besar. Berhadapan dengan tim kandidat juara, Prancis, di Arena Nationala, Bucharest, Selasa (29/6/2021) dini hari WIB, tim berjulukan Rossocrociati tersebut sukses meraih kemenangan 5-4 lewat adu penalti.

Penentuan pemenang terpaksa dilakukan lewat babak tos-tosan, karena skor imbang 3-3 bertahan selama 120 menit. Kemenangan itu membawa Swiss lolos ke perempat final.

Pada babak delapan besar Euro 2020, Swiss akan menghadapi Spanyol di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, 2 Juli 2021.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Kejutan Republik Ceska

Tak hanya Timnas Swiss, kejutan juga ditorehkan oleh Republik Ceska di Euro 2020. Ceska meraih hasil bagus pada pertandingan perdana Grup D kontra Skotlandia.

Menjalani pertandingan di Hampden Park, Glasgow, 14 Juni lalu, Republik Ceska merengkuh kemenangan dengan skor 2-0. Sepasang gol Ceska dicetak Patrik Schick pada menit ke-42 dan 52'.

Namun selepas itu, tim asuhan Jaroslav Silhavy tersebut seperti kehilangan taji. Mereka bermain imbang 1-1 kontra Kroasia pada 18 Juni 2021 dan takluk 0-1 dari Inggris pada 23 Juni lalu.

Alhasil, Republik Ceska hanya mendulang empat poin dari tiga laga di Grup D. Beruntung, hasil tersebut cukup membawa Ceska lolos ke-16 besar Euro 2020 dengan status peringkat ketiga terbaik dari Grup D.

Pada 16 besar, Republik Ceska berhadapan dengan Timnas Belanda di Puskas Arena, Budapest, Minggu (27/6/2021) malam WIB. Bersua sang juara Grup C, Republik Ceska tak diunggulkan meraih kemenangan.

Namun pada kenyataannya, Republik Ceska berhasil membalikkan prediksi. Ceska sukses membungkam Belanda berkat gol Tomas Holes pada menit ke-68 dan Patrik Schick menit ke-80.

Kemenangan 2-0 tersebut membuat Timnas Republik Ceska lolos ke perempat final. Mereka pun bakal bersua Denmark di Olympic Stadium, Baku, 3 Juli mendatang.

 

3 dari 3 halaman

Ukraina Ukir Sejarah

Sementara itu, Timnas Ukraina harus berjuang ekstra keras untuk lolos ke fase knock-out Euro 2020. Pada laga perdana Grup C di Johan Cruyff Arena, 14 Juni lalu, Ukraina menelan kekalahan 2-3 dari Belanda.

Sementara itu, pada pertandingan kedua, Ukraina berhasil merengkuh tiga poin. Bersua Makedonia Utara di Arena Nationala, Bucharest, 17 Juni 2021, Timnas Ukraina merengkuh kemenangan dengan skor 2-1.

Sayangnya, tren bagus tersebut tak berlanjut pada pertandingan terakhir. Meladeni Austria di Arena Nationala, 21 Juni lalu, Ukraina menelan kekalahan dengan skor 0-1.

Meski hanya meraih satu kemenangan dan menelan dua kekalahan, Timnas Ukraina tetap lolos ke-16 besar Euro 2020. Mereka menempati peringkat tiga terbaik di Grup C dengan nilai tiga.

Pada fase 16 besar, Ukraina berhadapan dengan Swedia di Hampden Park, Glasgow, 30 Juni 2021. Tim asuhan Andriy Shevchenko tersebut diprediksi bakal kesulitan merengkuh kemenangan.

Pasalnya, Swedia merupakan juara Grup E dengan torehan dua kemenangan dan satu hasil imbang. Namun pada kenyataannya, Timnas Ukraina berhasil mengatasi perlawanan Swedia.

Berduel hingga perpanjangan waktu, Ukraina sukses memetik kemenangan 2-1 atas Swedia. Sepasang gol kemenangan Timnas Ukraina dicetak Oleksandr Zinchenko pada menit ke-27 dan Artem Dovbyk menit ke-120+1, sedangkan gol tunggal Swedia disarangkan Emil Forsberg menit ke-43.

Lolos ke perempat final, Timnas Ukraina mengukir sejarah. Bagi Ukraina, ini adalah pencapaian terbaik di Piala Eropa.

Lawan selanjutnya yang akan mereka hadapi adalah Inggris di Stadio Olimpico, Roma, 3 Juli 2021. Lantas, mampu kah Timnas Ukraina mengalahkan The Three Lions dan lolos ke semifinal Euro untuk pertama kalinya?

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer