Sukses


Beda Nasib Bomber Juventus pada Duel Timnas Italia Vs Spanyol di Euro 2020: Morata Jadi Sorotan

Bola.com, London - Timnas Italia sukses melaju ke final Euro 2020 setelah mengalahkan Timnas Spanyol melalui adu penalti dengan skor 2-4 pada laga yang digelar di Stadion Wembley, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB. Ada cerita berbeda dari dua pemain Juventus dalam laga semifinal tersebut.

Pertandingan Timnas Italia melawan Timnas Spanyol berlangsung sengit sejak awal. Kedua tim saling jual beli serangan pada babak pertama, namun tak ada yang mampu mencetak gol.

Timnas Italia kemudian memecah kebuntuan lebih dulu melalui Federico Chiesa pada menit ke-60. Pemain Juventus itu mencetak gol setelah memaksimalkan umpan cepat dari Ciro Immobile.

Namun, keunggulan Timnas Italia hanya bertahan sampai menit ke-80. Alvaro Morata yang juga merupakan pemain Juventus, sukses mencetak gol penyeimbang usai memaksimalkan umpan Dani Olmo.

Hingga laga usai tak ada gol tambahan. Bahkan, skor 1-1 masih bertahan sampai 120 menit pertandingan sehingga pemenang harus dilanjutkan melalui drama adu penalti.

Padahal, statisik mencatat Timnas Spanyol sebenarnya tampil dominan dengan 65 persen penguasaan bola. Skuad asuhan Luis Enrique itu melepaskan 16 tembakan yang empat diantaranya akurat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Jadi Sorotan

Pada drama adu penalti, empat dari lima eksekutor Timnas Italia berhasil melakukan tugasnya. Mereka adalah Andrea Belotti, Leonardo Bonucci, Federico Bernardeschi, dan Jorginho, sedangkan Manuel Locatelli gagal.

Adapun Timnas Spanyol hanya mampu mencetak dua gol pada adu penalti melalui Gerard Moreno dan Thiago Alcantara. Sementara itu, tembakan Dani Olmo melayang di atas mistar gawang Timnas Italia dan tendangan Alvaro Morata berhasil diamankan Gianluigi Donnarumma.

Morata menjadi sorotan karena tembakannya ke gawang Timnas Italia saat adu penalti terlalu lemah sehingga mampu diantisipasi oleh Donnarumma. Meski demikian, Morata berhasil mencetak rekor sebagai penyerang Timnas Spanyol paling tajam di Euro dengan total enam gol.

Rinciannya adalah tiga gol pada Euro 2016 dan tiga gol pada Euro 2020. Jumlah itu mengalahkan rekor sebelumnya milik Fernando Torres dengan sumbangan lima gol di Euro untuk Timnas Spanyol.

Video Populer

Foto Populer