Sukses


Euro 2024: Legenda MU Sebut Penalti yang Didapat Inggris Ketika Vs Belanda Memalukan

Bola.com, Jakarta - Penalti yang didapat Timnas Inggris pada laga semifinal Euro 2024 lawan Belanda dianggap kontroversial. Bahkan, di mata legenda Manchester United (MU) Gary Neville, negaranya tidak layak dapat penalti.

Inggris berhadapan dengan Belanda di Stadion BVB pada Kamis, 11 Juli 2024. Memulai laga dengan performa minor, Inggris memetik kemenangan dengan skor 2-1 atas Belanda.

Hasil tersebut membawa Inggris lolos ke final Euro 2024. Dari dua gol Inggris ke gawang Belanda, salah satunya dicetak Harry Kane lewat eksekusi penalti.

Inggris dapat penalti pada menit ke-14, ketika wasit Felix Zwayer menilai ada pelanggaran dari Denzel Dumfries pada Harry Kane. 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Inggris Tak Layak Dapat Penalti?

Keputusan wasit Felix Zwayer memberikan penalti pada Inggris memang dapat kritik tajam dari kubu Belanda. Namun, termasuk setelah dicetak lewat VAR, Felix Zwayer tak mengubah keputusan itu.

Felix Zwayer menilai gerakan Dumfries saat coba memblok tendangan Harry Kane adalah pelanggaran. Penalti untuk Inggris.

Meskipun negaranya diuntungkan, Gary Neville melihat keputusan wasit Felix Zwayer keliru. "Sebagai bek, saya pikir itu keputusan yang sangat memalukan," kata Gary Neville dikutip dari ITV.

"Tidak mungkin itu penalti. Ia hanya masuk secara alami untuk memblok tembakan. Itu bukan penalti bagi saya," sambung eks bek kanan Timnas Inggris itu.

3 dari 4 halaman

VAR Merusak Sepak Bola

Pelatih Belanda, Ronald Koeman, juga yakin bahwa Inggris tidak layak mendapat penalti atas insiden Dumfries dan Kane. Koeman tak habis pikir karena VAR tidak bisa berbuat banyak pada kasus tersebut.

"Menurut saya, itu seharusnya bukan penalti," kata Koeman dikutip dari BBC Sport.

"Ia menendang bola dan sepatunya bersentuhan. Saya pikir kami tidak bisa bermain sepak bola dengan benar dan ini karena VAR. Itu benar-benar merusak sepak bola," tegas Koeman.

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 11/07/2024)

4 dari 4 halaman

Liputan Eksklusif Bola.com

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer