Sukses


3 Pemain Termuda Timnas Indonesia Sepanjang Sejarah Piala AFF

Bola.com, Jakarta - Perhelatan Piala AFF kerap menghadirkan kejutan tersendiri setiap diselenggarakan dalam dua tahunan. Sejarah mencatat, ajang ini selalu menjadi momentum lahirnya pemain-pemain berjuluk Bocah Ajaib.

Kecerdikan pelatih-pelatih timnas berhasil membantu lahirnya bintang baru untuk sebuah tim. Bahkan, pelatih-pelatih tersebut berani mengambil keputusan untuk membawa pemain yang notabenenya masih berusia sangat belia untuk ukuran timnas senior.

Keputusan berani tersebut dilakukan karena sang pemain berhasil meyakinkan dengan penampilan apiknya bersama klubnya. Tak jarang, pemain yang berhasil membuat debut dalam usia muda di timnas selalu memiliki karier yang melejit.

Tak terkecuali dengan Timnas Indonesia yang pada setiap penyelenggaraan Piala AFF selalu ada saja menggunakan pemain muda. Biasanya, pelatih Timnas Garuda menyediakan tiga slot untuk pemain muda.

Sepanjang keikutsertaan Timnas Indonesia di Piala AFF, sudah tiga pemain muda lahir dan memulai debutnya di ajang tersebut. Lantas, siapa saja pemain muda yang berhasil memulai debut di Piala AFF?

Berikut ini tiga pemain muda yang sukses memulai debut bersama Timnas Indonesia di Piala AFF versi Bola.com:

2 dari 4 halaman

Oktovianus Maniani

Pemain Timnas Indonesia, Oktavianus Maniani (tengah) mendapat kawalan pemain Laos, Phattahana Syvilay (kanan) dan Vilayout Sayyabounsou (kiri) dalam laga Piala AFF Suzuki 2012, di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia. Kamis, 25/11/2012. Pertandinga

Tampil di Piala AFF 2010 membuat Oktovianus Maniani menjadi pemain muda ketiga di Timnas Indonesia. Ketika itu, pelatih Alfred Riedl memanggi Okto yang berhasil memberikan penampilan apik bersama Sriwijaya FC.

Okto memulai debut pada usia 20 tahun 51 hari. Ketika itu, Okto mencetak satu gol dan berhasil membantu Timnas Indonesia meraih predikat runner-up Piala AFF 2010.

3 dari 4 halaman

Evan Dimas

Gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, menggiring bola saat melawan Malaysia pada semifinal SEA Games di Stadion Shah Alam, Selangor, Sabtu (26/8/2017). Indonesia kalah 0-1 dari Malaysia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Evan Dimas menjadi pemain paling muda kedua yang berhasil membuat debut bersama Timnas Indonesia di Piala AFF. Ketika itu, Evan Dimas dipanggil pelatih Alfred Riedl untuk skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2014.

Evan Dimas memulai bermain pertama kali di Piala AFF pada usia 19 tahun 254 hari. Pada ajang tersebut, Evan Dimas mencetak satu gol dan bermain pada 3 pertadingan di babak penyisihan grup.

4 dari 4 halaman

Boaz Solossa

Boaz Solossa melakukan selebrasi dengan Ilham Jaya Kesuma saat melawan Laos di penyisihan grup Piala AFF 2004. (AFP/STR)

Boaz Solossa sejauh ini masih memegang predikat pemain termuda yang berhasil membuat debut bersama Timnas Indonesia di Piala AFF. Ketika itu, Peter Withe menyertakan nama Boaz untuk skuat Piala AFF 2004.

Boaz yang masih berkarier untuk tim PON Papua itu memulai debut di Piala AFF pada usia 18 tahun 243 hari. Boaz langsung masuk tim inti dan mencetak empat gol untuk Timnas Garuda.

Video Populer

Foto Populer