Sukses


    Pelatih Timnas Vietnam dalam Tekanan Piala AFF 2018

    Bola.com, Paju - Park Hang-seo, pelatih Timnas Vietnam, mengaku di bawah tekanan Piala AFF 2018. Park mengungkap ia mendapat target membawa the Golden Stars memenangi Piala AFF 2018.

    Park menuturkan, sebelum menerima tawaran melatih Timnas Vietnam per 11 Oktober 2017, Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), menyodorkan beberapa target yang harus mampu direalisasikannya.

    Ia bahkan menuturkan, jadi finalis Piala AFF 2018 merupakan target spesifik yang diminta VFF kepadanya. "Hal pertama yang disebut VFF ketika mereka mencapai kesepakatan dengan saya adalah Piala AFF 2018, jadi saya dalam tekanan saat ini," ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

    Sejak ditangani Park, Timnas Vietnam menjelma menjadi kekuatan menakutkan di kawasan ASEAN dan bahkan Asia. Park membawa Timnas Vietnam U-23 jadi finalis Piala AFC U-23 2018 dan semifinalis Asian Games 2018. 

    Praktis, asa publik sepak bola Vietnam padanya untuk Piala AFF 2018 cukup tinggi. Park, dengan sentuhan magisnya, diharapkan mampu menghadirkan prestasi pertama di Piala AFF dalam 10 tahun terakhir.

    Hanya, Park mengaku buta dengan Piala AFF karena edisi tahun ini merupakan Piala AFF pertamanya. "Saya sedikit gugup karena saya tak punya banyak pengalaman dengan sepak bola di ASEAN. Ini pertama kali saya memimpin tim di Piala AFC. Saya dalam tekanan, tapi saya menerima tantangan ini," kata Park.

    Salah seorang ofisial VFF dalam wawancara dengan VnExpress mengungkap ketika mereka mencapai kesepakatan dengan Park, ada tiga turnamen yang jadi fokus, yakni Asian Games 2018, Piala AFF 2018, dan Piala Asia 2019. Dari ketiganya, Piala AFF jadi prioritas utama.

    2 dari 2 halaman

    Bonus Khusus

    Dalam kontrak juga tertulis, jika Vietnam mencapai prestasi apik di Piala AFF 2018, Park akan menerima bonus khusus dari VFF.

    Di sisi lain, untuk mewujudkan target itu, VFF memboyong Timnas Vietnam proyeksi Piala AFF 2018 menjalani pemusatan latihan dan uji coba di Korea Selatan.

    The Golden Stars berlatih di Paju, yang merupakan markas latihan Timnas Korea Selatan. Sejauh ini mereka sudah menjalani dua uji coba, kalah 1-2 dari Incheon FC dan menang 2-1 atas Seoul FC.

    Dari 30 pemain yang masih gabung pemusatan latihan saat ini, Park akan menciutkan menjadi 23 pemain. Pengumuman skuat inti dilakukan pada 7 November 2018, atau sehari jelang matchday pertama Grup A melawan Laos.

    Selain Laos, Timnas Vietnam juga akan menghadapi Malaysia, Myanmar, dan Kamboja di Grup A Piala AFF 2018.

    Sumber: VNExpress

    Video Populer

    Foto Populer