Sukses


    Eriksson Tambah Keyakinan Filipina di Piala AFF 2018

    Jakarta - Timnas Filipina mengambil langkah berani dengan merekrut Sven-Goran Eriksson sebagai pelatih untuk Piala AFF 2018. Walau Eriksson memiliki reputasi mentereng, minimnya waktu membuat keputusan ini terbilang berani.

    Timnas Filipina baru mengumumkan pengangkatan Eriksson pada Sabtu (20/10/2018), 20 hari sebelum laga perdana mereka di Piala AFF 2018. Eriksson memang pelatih dengan pengalaman segudang. Setidaknya, sudah 15 tim (negara dan klub) yang pernah ditangani pria berusia 70 tahun itu.

    Tercatat, ia sukses mempersembahkan scudetto pertama Lazio setelah terakhir kali tampil sebagai kampiun pada Serie A 1973/1974. Selain itu, ia juga mempersembahkan dua trofi Coppa Italia, dua Piala Super Italia, satu Piala Winners, dan satu Piala Super Eropa. Kesuksesan itu yang membuatnya dinobatkan sebagai pelatih terbaik Serie A 1999/2000.

    Tim-tim dengan nama besar juga sempat ditangani pria asal Swedia tersebut. Mulai dari Benfica, AS Roma, Timnas Inggris, Manchester City, Timnas Meksiko, hingga Pantai Gading. Namun, belum ada prestasi yang mampu dipersembahkan Eriksson saat menangangi timnas.

    Kehadiran Eriksson yang membuat para pemain tim berjuluk Azkals itu optimistis menatap Piala AFF 2018. Hal itu diungkapkan Stephan Schrock, pemain veteran Filipina, Stephan Schrock saat menghadapi diri acara bertajuk Suzuki Cup Trophy Tour.

    "Kami tidak takut siapapun, tapi kami menghormati semuanya. Kami percaya diri dengan persiapan dan pelatih baru. Kami memiliki peluang besar untuk memenangkan Piala AFF tahun ini," ujar Schrock, dilansir Manila Times.

    2 dari 3 halaman

    Ajang Persiapan

    Salah satu bukti bahwa Filipina sudah siap untuk bersaing di Piala AFF 2018 adalah kesuksesan mereka menembus putaran final Piala Asia 2019. Ini adalah sejarah karena mereka baru pertama kali melaju hingga putaran final.

    Karenanya, selain di Piala AFF 2018, Eriksson juga ditugaskan untuk mengawal Filipina di Piala Asia 2019. Sebelum Eriksson datang, Filipina pun sudah beberapa kali menjalani uji coba, termasuk dalam format turnamen. Hasilnya, mereka dua kali menang, dua kali imbang, dan dua kali kalah.

    "Kami lolos ke Piala Asia pada Januari untuk kali pertama. Kami ingin menggunakan ini sebagai bagian dari persiapan kami, tapi kami juga ingin menang. Pastinya, trofi selalu jadi tujuan kami," timpal Manny Ott, gelandang Filipina.

     

    3 dari 3 halaman

    Jadwal Timnas Filipina di Piala AFF 2018

    13/11/2018: Filipina vs Singapura

    17/11/2018: Timor Leste vs Filipina

    21/11/2018: Filipina vs Thailand

    25/11/2018: Indonesia vs Filipina

     

    Video Populer

    Foto Populer