Sukses


Duel Kapten Timnas Indonesia Vs Timor Leste

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menjamu Timor Leste pada laga kedua Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (13/11/2018). Laga ini juga menjadi panggung kepemimpinan dua kapten tim.

Peran kapten dalam sebuah pertandingan tentu saja sangat penting. Sosok kepemimpinannya sangat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan permainan dan emosi para pemain.

Wajar bila pelatih timnas tak ingin gegabah mempercayakan ban kapten dalam setiap laga. Sosok terpilih merupakan pemain yang memiliki ketegasan dan panutan di antara rekan setimnya.

Pada laga perdana, Timnas Indonesia di bawah komando Hansamu Yama masih belum menemui keberuntungan. Pasukan Bima Sakti menyerah 0-1 dari Singapura.

Hansamu Yama pun gagal mengendalikan emosi rekan setimnya pada laga tersebut. Septian David Maulana yang masuk pada menit-menit akhir harus menerima kartu kuning, sedangkan Putu Gede Juniantara harus mendapatkan kartu kuning kedua karena tersulut emosi.

Begitu juga dengan Jorge Sabas Victor yang jadi kapten Timor Leste. Timnya harus kalah 0-7 dari Thailand karena bermain dengan 10 orang. Aderito Raul Fernandes mendapatkan kartu merah.

Lantas seperti apa rekam jejak kedua nama tersebut bersama timnya masing-masing? Berikut ini rekam jejak Hansamu Yama dan Jorge Sabar Victor bersama timnya versi Bola.com.

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

2 dari 3 halaman

Hansamu Yama

Kapten Timnas Indonesia, Hansamu Yama, bersiap  saat akan melawan Singapura pada laga Piala AFF 2018 di Stadion Nasional, Singapura, Jumat (9/11). Singapura menang 1-0 atas Indonesia. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Hansamu Yama memulai kariernya bersama Timnas Indonesia dari kelompok umur U-19 pada 2013-2014 dan U-23 pada 2015-2018. Penampilan apiknya di timnas kelompok umur membuat namanya naik pangkat dipanggil ke timnas senior.

Pada 3 Desember 2016, Hansamu Yama menandai debutnya bersama timnas senior di bawah asuhan Alfred Riedl pada Piala AFF. Tak butuh waktu lama, Hansamu berhasil mencetak gol perdana dalam debutnya itu ke gawang Vietnam.

Pengalaman Hansamu Yama di timnas senior lantas membuat namanya dipercaya menjadi kapten Timnas Indonesia U-23 asuhan Luis Mila. Ban kapten itu digunakan Hansamu pada SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

Sejauh ini, pemain Barito Putera itu sudah membukukan 16 penampilan bersama Timnas Indonesia, dengan rincian tiga caps di U-19, lima caps di U-23, dan delapan penampilan bersama timnas senior. Kepemimpinan Hansamu Yama tentu sangat dibutuhkan pada Piala AFF 2018 mengingat Indonesia dibebani target juara oleh PSSI.

3 dari 3 halaman

Jorge Sabas Victor

Pemain Timor Leste, Jorge Sabas, mengamati instruksi saat latihan di SUGBK, Jakarta, Senin (12/11). Latihan ini persiapan jelang laga Piala AFF 2018 melawan Timnas Indonesia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Usianya memang baru 20 tahun. Namun, hal itu bukan halangan buat Timnas Timor Leste memercayai kepemimpinan di bawah kendalinya.

Jose Sabas Victor merupakan pemain yang besar bersama Persiku Dynamo Kupang. Menjalani debut bersama Timnas Timor Leste U-19 pada 2010, lima tahun berselang dia naik pangkat ke timnas senior.

Sampai saat ini sudah delapan kali Jorge Sabas Victor bermain bersama timnas senior Timor Leste. Publik Bumi Loro Sae menaruh harapan pada kepemimpinan Jorge Sabas untuk bisa mengantarkan timnya lolos ke babak selanjutnya.

 

Video Populer

Foto Populer