Sukses


Jelang Laga Kontra Timor Leste, Pemain Timnas Indonesia Mengurung Diri di Kamar Hotel

Bola.com, Jakarta - Kekalahan 0-1 dari Singapura dalam laga perdana penyisihan Grup B Piala AFF 2018, menciptakan ketegangan di Timnas Indonesia. Jika ingin menjaga asa lolos ke semifinal tim asuhan Bima Sakti wajib memenangi laga lanjutan melawan Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Selasa (13/11/2018).

Sadar laga ini amat krusial, Bima menginstruksikan para pemainnya buat menjaga fokus. Ia meminta Hansamu Yama dkk. tak banyak melakukan aktivitas di luar latihan persiapan jelang pertandingan.

Mereka bahkan dilarang mengumbar komentar ke media, untuk meredam gejolak. Timnas Indonesia beberapa hari terakhir jadi objek sasaran kritik karena performanya yang jauh dari memuaskan saat menjajal Singapura.

Instruksi sang pelatih untuk menjaga sikap dijalankan penggawa Garuda. Sehari jelang pertandingan pemain memilih menghabiskan waktunya luangnya di kamar masing-masing. Timnas Indonesia menginap di Hotel Sultan yang lokasinya bersebelahan dengan SUGBK.

Pemain Timnas Indonesia, Evan Dimas dan Febri Hariyadi, bersiap mengikuti latihan di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (11/11). Latihan ini persiapan jelang laga Piala AFF 2018 melawan Timor Leste. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Jarang ada pemain yang turun ke area lobi hotel. Bola.com yang menginap satu hotel dengan Tim Merah-Putih sempat menjumpai Evan Dimas dan Irfan Jaya di pelataran parkir kendaraan.

Saat ditanya hendak ke mana, Evan berujar singkat: "Cari makan dulu Mas, yang dekat-dekat sini."

Selang setengah jam kemudian Evan yang dikontak Bola.com sudah berada di kamarnya kembali. Saat diminta sesi wawancara eksklusif sang pemain menolak seraya meminta maaf.

"Nanti saja ya. Kalau sekarang tidak enak dengan pelatih. Mungkin nanti setelah latihan atau usai pertandingan. Mohon maaf sebesar-besarnya," ujar gelandang pengatur serangan Timnas Indonesia yang kini bermain di klub Malaysia, Selangor FA.

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

2 dari 2 halaman

Timor Leste Lebih Relaks

Berbeda dengan sebelumnya saat menggelar latihan pelatnas di Cikarang atau jelang pertandingan melawan Singapura. Pemain dengan relaks kerap wira-wiri jalan-jalan keluar penginapan untuk keperluan membeli sesuatu atau berjumpa kerabat.

Situasinya kini agak berbeda. Saat jelang latihan sore, selain Evan dan Irfan Bola.com hanya mendapati dua pemain Timnas Indonesia sempat turun ke lobi Hotel Sultan, Stefano Lilipaly dan Muhammad Ridho (kiper).

Stefano tampak menemui temannya. Itupun tak lama. Hanya lima menit di lobi ia kembali naik lift menuju kamarnya sembari membawa tas plastik pemberian kawannya.

Demikian juga Ridho. Penjaga gawang Borneo FC sempat keluar area pintu masuk hotel untuk mengambil barang yang dibawa Taksi untuk kemudian kembali lagi masuk ke dalam.

Kondisi berbeda di Timnas Timor Leste. Sepanjang siang anak-asuh Norio Tsukitate mondar-mandir di area lobi. Mereka terlihat pergi keluar penginapan dengan menggunakan taksi atau kendaraan jemputan.

Bola.com sempat melihat salah satu pemain Timor Leste melakukan wawancara khusus dengan stasiun televisi negaranya di area kolam renang. Wajah pemain Timor Leste terlihat lebih relaks. Padahal, pada pertandingan pertama mereka dibantai 0-7 oleh Thailand.

 Bima Sakti sejatinya tidak ingin membuat para pemain Timnas Indonesia tegang jelang pertemuan dengan Timor Leste.

"Saya tidak terlalu ingin membuat pemain menjadi terbebani. Kami berharap bisa menang pada pertandingan nanti, berapa pun skornya tak masalah. Bagi kami yang terpenting adalah pemain bisa bangkit dan bermain sesuai karakter," kata Bima usai memimpin sesi latihan Timnas Indonesia.

Namun faktanya imbauan Bima tak lantas membuat para pemain bisa lebih santai. Wajar saja jika personel Timnas Indonesia sedikit dag-dig-dug. Pertaruhan nasib mereka di Piala AFF 2018 ditentukan hasil akhir laga kedua. Selepas itu Tim Merah-Putih juga tak bisa bersantai, mereka akan menjajal tim kuat Thailand dan Filipina.

Video Populer

Foto Populer