Sukses


    PR Jelang Duel Vs Thailand, Rapor Tak Istimewa Timnas Indonesia saat Menggasak Timor Leste

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan 3-1 atas Timor Leste pada pertandingan keduanya di Piala AFF 2018, Selasa (13/11/2018) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Torehan positif ini menyelamatkan Tim Garuda dari kemelut setelah sebelumnya kalah 0-1 melawan Singapura.

    Tertinggal lebih dulu lewat gol spektakuler Rufino Gama di menit ke-48, Tim Merah Putih mampu membalas tiga gol lewat Alfath Fathier di menit ke-60, penalti Stefano Lilipaly (69') dan Beto Goncalves di menit ke-82.

    Meski menang, penampilan Indonesia tak tampak istimewa di pertandingan ini. Bahkan, pengamat sepak bola asal Jawa Timur, M. Zein Alhadad menilai, kemenangan ini terbantu oleh pelanggaran yang dilakukan pemain Timor Leste.

    Dari catatan statistik, Timnas memang mendominasi jalannya pertandingan dengan penguasaan bola mencapai 61 persen berbanding 39 persen milik Timor Leste. Namun, dari sisi tembakan ke arah gawang, Timor Leste justru lebih banyak (3) banding satu milik Indonesia.

    Eks asisten pelatih Timnas U-23 era Aji Santoso ini pun memiliki penilaian untuk setiap individu pemain Timnas yang turun di pertandingan ini. Karena bersifat subyektif, penilaian ini bisa saja berbeda dengan pembaca.

    Berikut rapor pemain Timnas Indonesia saat menang atas Timor Leste versi Alhadad yang notabene mantan pemain NIAC Mitra yang juga salah satu striker legendaris Tim Merah-Putih di era 1980-an itu.

    Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

    2 dari 6 halaman

    Kiper

    Andritany Ardhyasa

    Seperti di pertandingan pertama, Andritany Ardhiyasa tampil konsisten. Kiper Persija ini membuat dua penyelamatan gemilang, meski dia juga membuat satu kali blunder yang nyaris membuahkan gol kedua bagi lawan.

    Nilai: 7,5

    3 dari 6 halaman

    Bek

    Fachrudin Ariyanto

    Stoper sarat pengalaman Fachrudin Ariyanto bermain cukup baik di pertandingan ini, meski tidak bisa dibilang istimewa. Bek Madura United ini tampil standar.

    Nilai: 7,5

     

    Hansamu Yama Pranata

    Kapten Timnas Indonesiam Hansamu Yama, tidak tampil maksimal. Lagi-lagi dia tidak bisa mengondisikan lini belakang Timnas dengan baik. Beruntung, Timnas menang, sehingga semua kekurangannya tertutupi.

    Nilai: 7

     

    Gavin Kwan Adsit

    Bek sayap kanan Gavin Kwan tampil di bawah standar di laga ini. Sektor yang ia jaga berkali-kali mampu ditembus pemain Timor Leste. Bahkan salah satunya membahayakan gawang Timnas. Bahkan Andik Vermansah sampai turun ke bawah untuk membantu pertahanan karena Gavin tidak berada di posisinya.

    Nilai: 6

     

    Alfath Faatier

    Menggantikan posisi pemain senior, Rizky Pora, pemain belia Alfath Faatier tampil apik di posisi full back kiri. Ia amat mobil membantu serangan. Kolaborasinya dengan penyerang sayap, Andik Vermansah, berbuah gol penyama kedudukan.

    Nilai: 8

     

    4 dari 6 halaman

    Gelandang

    Evan Dimas

    Sebagai playmaker Evan Dimas bermain bagus. Ia mampu menjaga ritme permainan Timnas Indonesia. Sayang, saat membantu serangan ia membuang sejumlah peluang emas. Jika lebih tenang, mungkin Evan bisa mencetak dua gol untuk Timnas Indonesia.

    Nilai: 7

     

    Muhammad Hargianto

    Sebagai gelandang bertahan, Hargianto tampil lumayan. Dia kuat di tengah, memutus aliran serangan lawan dari sektor sentral. Secara keseluruhan, penampilan Hargianto cukup baik.

    Nilai: 7,5

     

    Septian David Maulana

    Didapuk sebagai gelandang serang, David Maulana tampil kurang greget. Ia terlihat sering kebingungan saat dapat pengawalan ketat lawan. Harapan Bima Sakti agar David lebih aktif masuk ke area kotak penalti, untuk menjadi sosok pemecah kebuntuan bertepuk sebelah tangan.

    Nilai: 6

     

    5 dari 6 halaman

    Penyerang

    Febri Hariyadi

    Sama dengan pertandingan sebelumnya, Febri Hariyadi tidak bisa berbuat banyak di pertandingan ini. Terlalu sering kehilangan bola, dan umpan-umpannya tidak akurat. Kecepatan serta akselerasinya tidak bisa ia optimalkan untuk membongkar pertahanan lawan.

    Nilai: 6

     

    Andik Vermansah

    Performa Andik Vermansah layak mendapat acungan jempol. Kecepatan serta akselerasinya kerap membuat pemain belakang lawan pontang-panting. Satu assistnya ke Fathier adalah kontribusi nyata pemain yang musim ini memperkuat Kedah FA tersebut.

    Nilai: 8

     

    Alberto Goncalves

    Sebelum mencetak gol ketiga, Alberto Goncalves tidak banyak memberikan kontribusi penting. Namun dari sedikitnya peluang yang ia dapatkan, Beto mampu menunjukkan kelasnya dengan mencetak gol ke gawang Timor Leste. Gol ini berkelas karena dia datang di saat yang tepat saat menyundul bola. Hanya striker matang dan pengalaman yang bisa melakukannya.

    Nilai: 7,5

    6 dari 6 halaman

    Pemain Pengganti

    Stefano Lilipaly

    Sosok Stefano Lilipaly tampil bagus di laga melawan Timor Leste. Ia mencetak gol lewat titik putih yang meningkatkan mentalitas para pemain Indonesia. Kematangan Lilipaly terlihat ketika proses terjadinya gol ketiga. Liliplay memilih tak bergerak ketika Beto datang untuk menyundul bola umpan dari Riko Simanjuntak.

    Nilai: 7,5

     

    Riko Simanjuntak

    Riko Simanjuntak masuk menggantikan Febri Hariyadi. Dia membawa perubahan besar pada daya serang Timnas di pertandingan ini. Riko berkali-kali berhasil mengirim umpan akurat. Riko benar-benar datang sebagai pembeda. Pemain Persija Jakarta ini menyumbang assist gol ketiga Tim Merah-Putih. Umpan silangnya dimanfaatkan secara maksimal oleh Alberto Goncalves lewat sundulan.

    Nilai: 8

     

    Bayu Pradana

    Bayu Pradana masuk menggantikan Andik Vermansah di menit ke-90 hanya untuk mengulur waktu. Singkatnya waktu yang ia miliki membuat perannya tidak ada di pertandingan ini.

    Nilai: 6

     

    Video Populer

    Foto Populer