Sukses


    Rapor Penonton di Piala AFF 2018: Suporter Myanmar Paling Ramai, Filipina Tersunyi

    Bola.com, Jakarta - Delapan dari 10 tim peserta Piala AFF 2018 sudah memainkan laga kandang. Sejauh ini, suporter Timnas Myanmar menjadi yang paling berisik dan setia mengawal timnya dalam laga kandang di Piala AFF.

    Statistik AFF mencatat, sebanyak 26.946 orang mendatangi Stadion Mandalarthiri untuk menonton pertandingan antara Timnas Myanmar melawan Kamboja pada 12 November 2018. Stadion terasa sangat berisik mengingat kapasitas aslinya hanya 30 ribu penonton.

    Jumlah penonton tersebut sejauh ini menjadi yang terbanyak dalam laga kandang di Piala AFF 2018. Penuhnya Stadion Mandalarthiri tak sia-sia. Myanmar menang 4-1 atas Kamboja pada laga tersebut.

    Sementara itu, suporter Timnas Kamboja menempati urutan kedua penghuni terbanyak laga kandang di Piala AFF 2018. Ketika menghadapi Malaysia, tercatat 34.250 orang menjadi saksi dengan hadir di Stadion Olympic, Phnom Penh yang berkapasitas 50 ribu orang itu.

    Adapun penonton dalam laga kandang paling sunyi terjadi dalam laga Filipina melawan Singapura di Stadion Panaad. Suporter Azcals yang hadir ke stadion hanya berjumlah 4.327. Jumlah itu tak sampai 25 persen dari kapasitas stadion yang mencapai 20 ribu.

     

    2 dari 2 halaman

    GBK Tak Penuh

    Sementara itu, Timnas Indonesia tak banyak ditonton ketika menghadapi Timor Leste pada laga kandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (13/11/2018). SUGBK hanya terisi 15.138 kursi dari kapsitas total mencapai 77 ribu penonton.

    Sunyinya SUGBK bukan tanpa alasan mengingat munculnya tagar #KosongkanGBK yang mencuat jelang pertandingan. Tagar tersebut mencuat sebagai bentuk kekecewaan suporter terhadap kekalahan 0-1 Timnas Indonesia dari Singapura pada laga pembuka Grup B Piala AFF 2018.

    Pertandingan antara Timnas Thailand melawan Timnas Indonesia di Stadion Rajamangala, Bangkok, berpeluang mencetak rekor baru penonton terbanyak dalam laga kandang di Piala AFF 2018. Stadion berkapasitas hampir 50 ribu kursi itu diprediksi akan penuh mengingat rivalitas panjang antara kedua tim tersebut.

    Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

    Video Populer

    Foto Populer