Sukses


Jersey Latihan Timnas Indonesia Bikin PSSI Terkena Sanksi

Jakarta - Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) menjatuhkan kukuman terhadap kepada PSSI. Sanksi muncul akibat penggunaan sponsor di jersey latihan Timnas Indonesia.

Seperti dilansir situs resmi AFF aseanfootball.org, PSSI dinilai menyalahi aturan artikel 6.11 AFF Cup 2018 chapter 10. Hal itu mengenai penyertaan sejumlah sponsor di jersey latihan saat sesi official training.

Timnas Indonesia melakukan pelanggaran terhadap pasal dalam pemakaian kostum di Piala AFF 2018. Selain sponsor AFF, tidak diperbolehkan tim nasional menyertakan sponsor sendiri.

Akibat kelalaian itu, AFF menghukum denda sebesar USD 8 ribu atau setara dengan Rp 116 juta. Pelanggaran ini seakan menandakan kurang profesionalnya PSSI.

Sebab, dalam aturan turnamen sepak bola internasional, sesi latihan resmi sangat sakral. Hanya sponsor-sponsor yang terkait turnamen saja yang dapat disertakan dalam jersey tim.

Pemakaian jersey latihan bersponsor terjadi ketika Timnas Indonesia akan melawan Timor Leste, 13 November 2018. Latihan sendiri berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

AFF pun mengharuskan PSSI membayar denda tersebut dalam kurun waktu tujuh hari setelah keputusan dikeluarkan. Kabar ini seperti membuat PSSI sudah jatuh tertimpa tangga.

Timnas Indonesia sudah dipastikan gagal ke semifinal Piala AFF 2018, kendati masih menyisakan satu laga di penyisihan Grup B. Tim Garuda hanya menang lawan Timor Leste, tapi tak berdaya di hadapan Singapura dan Thailand.

Pada laga pamungkas, Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina di Stadion GBK pada Minggu, 25 November 2018. Seandainya menang dalam laga itu, Timnas Indonesia tetap gagal lolos dari fase grup.

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

Video Populer

Foto Populer