Sukses


    Piala AFF 2018: Aksi Terpuji Suporter Myanmar di Kandang Malaysia

    Kuala Lumpur - Timnas Myanmar terpaksa mengubur mimpi lolos ke semifinal Piala AFF 2018. Pada partai penentuan melawan Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Sabtu (24/11/2018), Myanmar malah kalah tiga gol tanpa balas.

    Sejatinya, Myanmar sudah bekerja cukup baik dalam tiga pertandingan awal Grup A Piala AFF 2018. Melawan Kamboja di Mandalarthiri Stadium, tim besutan Antoine Hey itu menang 4-1. Bertandang ke markas Laos, Myanmar juga pulang dengan kemenangan 3-1.

    Kehebatan mereka dilanjutkan dengan memaksa Vietnam bermain imbang tanpa gol di Thuwunna Stadium. Meski terkesan beruntung, raihan tujuh poin dari tiga laga tentu jadi modal bagus untuk melaju ke semifinal.

    Sayang, mimpi mereka untuk mengulang kesuksesan tampil di semifinal Piala AFF 2016 gagal terwujud. Kekalahan tak terduga dari Malaysia jadi penyebabnya. Mereka tak kuasa ketiga gol Norshahrul Idlan di menit ke-26 dan Muhammad Zaquan (45+1, 88) bersarang di gawang kawalan Kyaw Zin Htet.

    Alhasil, Myanmar pun gagal lolos karena finis di posisi ketiga Grup A Piala AFF 2018 dengan koleksi tujuh poin. Mereka terpaut dua poin dari Malaysia dan tiga poin dari Vietnam. Hebatnya, suporter Myanmar yang hadir di Bukit Jalil tetap menerima kekalahan itu dengan lapang dada.

    Tak hanya itu, mereka juga menggelar aksi bersih-bersih stadion usai pertandingan berakhir. Hal itu terungkap dari foto yang memperlihatkan suporter Myanmar sedang memunguti sampah. Pemandangan ini terungkap dari foto yang dilansir Fox Sports Asia.

    2 dari 2 halaman

    Bukan yang Pertama

    Namun, ini bukan kali pertama suporter Myanmar melakukan tindakan terpuji itu di Piala AFF 2018. Sebelumnya, beredar juga foto yang memperlihatkan suporter tim berjuluk The White Angelsitu sedang memunguti sampah usai menang 4-1 atas Kamboja.

    Hal ingin mengingatkan dengan apa yang dilakukan suporter Jepang di Piala Dunia 2018. Hebatnya, hal itu dilakukan suporter Jepang usai tim kesayangan mereka kalah 2-3 di babak 16 besar Piala Dunia 2018.

    Aksi serupa juga sempat dilakukan suporter Jepang di Asian Games 2018. Sempat beredar foto-foto yang memperlihatkan dua orang yang diduga warga Jepang sedang memunguti puntung rokok yang tersebar di area Komplek Olahraga Gelora Bung Karno (GBK).

    Video Populer

    Foto Populer