Sukses


3 Pemain Timnas Indonesia Berapor Bagus di Tengah Kegagalan Piala AFF 2018

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia gagal menembus semifinal Piala AFF 2018. Pasukan Bima Sakti hanya mendulang empat poin di peringkat keempat klasemen akhir Grup B.

Tim Merah-Putih terpaut empat angka dari Filipina yang menghuni peringkat kedua, serta enam poin dari Thailand yang berstatus juara. Ini merupakan pencapaian buruk, mengingat Timnas Indonesia ditargetkan menjadi juara pada turnamen kali ini.

PSSI memberikan target tinggi karena Timnas Indonesia menjadi runner-up di Piala AFF 2016. Ketika itu, Stefano Lilipaly dkk. kalah dari Thailand dengan agregat 2-3.

Buruknya performa Timnas Indonesia di Piala AFF 2018, membuat posisi pelatih Bima Sakti diujung tanduk. Juru taktik asal Balikpapan itu diyakini bakal segera lengser dari jabatannya karena gagal mengantarkan skuat Garuda berjaya.

Kinerja negatif Timnas Indonesia pun berbanding lurus dengan performa para pemain. Hampir seluruh penggawa Tanah Air tampil di bawah performa sepanjang turnamen berlangsung.

Akan tetapi, tentunya ada penggawa Garuda yang tampil apik di Piala AFF 2018. Setidaknya ada tiga nama yang menunjukan kinerja maksimal bersama Timnas Indonesia. Berikut ini adalah penjabarannya.

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

 

2 dari 4 halaman

Andik Vermansah

Eks penggawa Persebaya Surabaya ini sempat berduka karena tidak masuk skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Awalnya, Bima lebih memilih Saddil Ramdhani untuk mengisi sektor sayap.

Akan tetapi, nasib baik menghampiri Andik Vermansah. Kasus yang menimpa Saddil membuat sosok 26 tahun itu kembali dipercaya menghuni skuat Timnas Indonesia.

Kesempatan yang diberikan Bima langsung dimaksimalkan Andik. Sang pemain bermain totalitas ketika dipercaya tampil di atas lapangan. Satu di antaranya adalah ketika Andik menjadi pemain terbaik ketika Timnas Indonesia menang 3-1 atas Timor Leste.

 

3 dari 4 halaman

Riko Simanjuntak

Lini serang Timnas Indonesia dalam sorotan berkat peran Riko Simanjuntak di sektor sayap. Teknik olah bola sang pemain kerap merepotkan lini pertahanan lawan.

Situasi itu membuat Riko sering dilanggar para pemain bertahan lawan di atas lapangan. Namun, penyerang Persija Jakarta itu tidak menyerah dan tetap tampil ngotot.

Riko punya peran besar ketika Timnas Indonesia menang 3-1 atas Timor Leste. Sang pemain menorehkan satu assist untuk gol yang dicetak Alberto Goncalves.

Selain itu, Riko juga dinobatkan sebagai pemain terbaik ketika Timnas Indonesia bermain 0-0 melawan Filipina.

 

4 dari 4 halaman

Evan Dimas

Status pemain terbaik dalam sebuah pertandingan memang tidak pernah diraih Evan Dimas Darmono di Piala AFF 2018. Namun, pemain yang diisukan bakal bermain di Liga Utama Thailand itu memiliki peran krusial di lini tengah Timnas Indonesia.

Evan merupakan satu di antara pemain yang selalu dipercaya Bima tampil penuh dalam empat pertandingan di Piala AFF 2018. Sosok 23 tahun itu dianggap sebagai pengatur ritme permainan karena memiliki visi bermain yang baik.

Evan sering membuat umpan-umpan krusial untuk membantu para rekannya mencetak angka. Namun, kurang maksimalnya kinerja lini serang Timnas Indonesia membuat gol tak kunjung terealiasi.

Video Populer

Foto Populer