Sukses


5 Fakta Menarik Lolosnya Vietnam ke Piala AFF 2018

Bola.com, Hanoi - Timnas Vietnam berhasil melaju ke final Piala AFF 2018 untuk pertama kali dalam sepuluh tahun terakhir. The Golden Dragons, julukan Vietnam, mengalahkan Filipina dengan skor 2-1 pada leg kedua semifinal yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Kamis (6/12/2018).

Kemenangan itu membuat Vietnam melaju ke final dengan keunggulan agregat 4-2 atas Filipina. Pada partai puncak, Vietnam akan menghadapi Malaysia pada dua laga final yang digelar pada 11 dan 15 Desember 2018.

Lolosnya Vietnam ke final Piala AFF 2018 sebenarnya sudah lama diprediksi. Pada awal turnamen, pelatih Park Hang-seo mendaftarkan 29 pemain yang mayoritas berusia muda.

Hanya empat pemain yang berusia di atas 25 tahun. Sepanjang babak penyisihan, Vietnam pun tampil tangguh karena mengumpulkan 10 poin hasil tiga kemenangan dan sekali imbang.

Selain tak pernah kalah di babak penyisihan, Vietnam pun tidak pernah kebobolan. Hal itulah yang membuat banyak pihak memprediksi Vietnam bakal meraih kesuksesan di Piala AFF 2018.

Lalu apa saja fakta-fakta di balik kesuksesan Timnas Vietnam? Berikut ini lima fakta menarik di balik lolosnya Vietnam ke final Piala AFF 2018 versi Bola.com:

 

2 dari 2 halaman

5 Fakta Menarik Vietnam

1. Ini menjadi final ketiga buat Vietnam setelah 1998 dan 2008.

Catatan ini cukup unik, yakni mereka bisa melaju ke final setiap 10 tahun. Uniknya lagi, Vietnam tampil di final pada tahun yang diakhiri dengan angka delapan.

2. Terakhir mencapai final pada 2008, Vietnam menjadi juara setelah mengalahkan Thailand dengan agregat 3-2. Pada edisi 2008, di mana Indonesia menjadi tuan rumah babak penyisihan grup, Vietnam bersaing ketat dengan Thailand sejak fase tersebut

3. Vietnam menjadi tim paling produktif di Piala AFF 2018 dengan mencetak 12 gol.

Tiga penyerang Vietnam, Nguyen Anh Duc, Nguyen Cong Phuong, dan Nguyen Quang Hai, masing-masing menyumbangkan tiga gol. Sementara dua gol dicetak Pham Van Duc dan satu gol lain dicetak oleh Nguyen Thien Linh.

4. Vietnam juga menjadi tim yang paling sedikit kebobolan yakni dua gol. Dua gol tersebut tercipta pada semifinal kontra Filipina. Pemain yang menjebol gawang Vietnam adalah Patrick Reichelt (leg pertama) dan James Younghusband pada leg kedua.

5. Kekalahan ini menjadi kegagalan keempat Filipina untuk tampil di final setelah 2010, 2012, dan 2014. 

Video Populer

Foto Populer