Sukses


    Jelang Piala AFF 2020: Sandy Walsh Ungkap Alasan Sederhana Ngebet Membela Timnas Indonesia

    Bola.com, Jakarta - Sandy Walsh buka suara mengenai ketertarikannya membela Timnas Indonesia. Pemain yang punya darah Indonesia dari kakek dan neneknya itu punya alasan sederhana ngebet menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

    Sandy Walsh memiliki kakek yang berasal dari Purworejo, sedangkan neneknya berasal dari Surabaya. Sandy Walsh mengaku, tertarik mengubah kewarganegaraan menjadi WNI karena ingin mewujudkan pesan dari sang kakek.

    Dia mendapatkan pesan agar tidak melupakan Indonesia, negara asal dari kakek dan neneknya. Kakek Sandy Walsh bercerita, Indonesia merupakan negara yang penduduknya sangat menggilai sepak bola.

    "Saya selalu ambisius karena selalu suka bemain sepak bola. Saya punya paspor Belanda buat saat ini sehingga bisa juga bermain untuk Timnas Belanda sampai usia 23 tahun. Akan tetapi, saat ini saya berada dalam fase milih untuk timnas mana yang ingin saya bela," kata Sandy Walsh dalam YouTube Roy Ricardo.

    "Kakek saya selalu mengingatkan jangan sampai kamu melupakan Indonesia karena merupakan negara yang sangat menggilai sepak bola. Masyarakatknya sangat ramah dan juga menyukai sepak bola dan saya juga suka sepak bola. Jadi ini adalah pilihan yang mudah," ucap pemain berusia 26 tahun itu.

    Memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya membuat peluang Sandy Walsh membela Timnas Indonesia terbuka lebar. Kini, Sandy tinggal menunggu undangan dari PSSI untuk mengurus dokumen perpindahan kewarganegaraan dari Belanda ke Indonesia.

    2 dari 3 halaman

    Keinginan Shin Tae-yong

    Sandy Walsh merupakan satu dari empat pemain yang diinginkan pelatih Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi. Selain Sandy, pelatih Timnas Indonesia itu juga menginginkan Jordi Amat, Mees Hilgers, dan Kevin Diks.

    Kehadiran keempat pemain keturunan itu dianggap bisa membantu meningkatkan kualitas Timnas Indonesia. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan keempatnya merupakan pemain keinginan Shin Tae-yong, bukan titipan atau rencana khusus dari PSSI.

    "Betul, itu pengajuan dari Shin Tae-yong. Semuanya ada empat pemain. Biar clear, ini ada empat nama yang diajukan oleh Shin Tae-yong," kata Mochamad Iriawan beberapa waktu lalu.

    "Empat pemain ini masih didalami oleh PSSI. Yang jelas ada empat nama yang diajukan. Saya belum bisa jawab apakah mereka bisa memperkuat Timnas Indonesia atau tidak karena harus ada pengkajian," ucap pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

    3 dari 3 halaman

    Tampil Mengesankan

    Sandy Walsh tampil mengesankan bersama K/B Mechelen. Sandy Walsh dimainkan oleh Mechelen ketika menghadapi Club Brugge pada pekan ke-15 First Division A atau kasta teratas Liga Belgia (19/11/2021).

    Pemain berusia 26 tahun itu bermain sebagai bek kanan dan tidak tergantikan selama 90 menit, sekaligus membantu Mechelen mengalahkan Club Brugge 2-1.

    Pada musim ini, Sandy Walsh selalu tampil menjadi starter di Mechelen dalam 15 pertandingan Liga Belgia dan mengukir dua gol serta tiga assist.

    Video Populer

    Foto Populer