Sukses


    Prediksi Formasi Timnas Indonesia di Piala AFF 2020: Baggott, Witan, Ezra, Paten Sudah!

    Bola.com, Jakarta - Dalam hitungan hari, Timnas Indonesia akan bertarung di Piala AFF 2020. Tim berjulukan Skuad Garuda itu berkekuatan 30 pemain. Lantas, apakah pelatih Shin Tae-yong telah menemukan susunan terbaiknya?

    Timnas Indonesia berada di Grup B Piala AFF. Skuad Garuda akan menghadapi Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos dalam turnamen yang dimainkan di Singapura pada 5 Desember 2021-1 Januari 2022 itu.

    Shin Tae-yong kerap mengutak-atik formasi Timnas Indonesia dalam setiap pertandingan, baik resmi atau sekadar uji coba.

    Tujuannya jelas, untuk meramu pakem yang pas mengingat mayoritas pemain Skuad Garuda adalah wajah-wajah baru yang masih sangat segar.

    Shin Tae-yong terus melakukan regenerasi di Timnas Indonesia. Arsitek asal Korea Selatan itu terang-terangan enggan memakai banyak pemain senior karena hasil memalukan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia sepanjang 2019.

    Sebelum berkancah di Piala AFF, Timnas Indonesia digembleng selama dua pekan lebih di Turki. Di sana, Evan Dimas dkk. menggelar pemusatan latihan sekaligus tiga uji coba.

    Dalam tiga partai latih tanding itu, Shin Tae-yong memainkan pola yang berbeda ketika kalah 0-1 dari Afghanistan, menang 4-1 atas Myanmar, dan mengalahkan Antalyaspor 4-0.

    Lantas, bagaimana prakiraan formasi Timnas Indonesia di Piala AFF mengacu pada tiga uji coba di Turki?

    2 dari 6 halaman

    Lini Belakang

    Dalam beberapa partai uji coba dan pertandingan resmi terakhir yang dijalani Timnas Indonesia, Shin Tae-yong terlihat mamatenkan formasi 4-1-4-1.

    Di posisi kiper, sang pelatih kembali memanggil Nadeo Argawinata yang mulai menjadi pemain utama di Bali United. Namun, posisi penjaga gawang Timnas Indonesia di Piala AFF susah dilepas dari Muhammad Riyandi.

    Riyandi menjadi kiper utama Timnas Indonesia dalam uji coba melawan Afghanistan dan Myanmar. Penjaga gawang berusia 21 tahun itu bahkan menyisihkan Nadeo ketika Skuad Garuda dua kali melawan Chinese Taipei pada Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023.

    Elkan Baggott dan Fachrudin Aryanto kemungkinan bakal bertandem sebagai bek tengah. Duet keduanya telah dicoba oleh Shin Tae-yong ketika menghadapi Afghanistan.

    Saat Baggott kembali ke klubnya pasca-melawan Afghanistan, Shin Tae-yong mencoba Alfeandra Dewangga sebagai tandem Fachrudin di jantung pertahanan.

    Pos bek sayap kanan hampir menjadi milik Asnawi Mangkualam. Di posisi sebaliknya, Pratama Arhan juga telah mengunci peran itu. Keduanya tidak tergantikan di tempatnya masing-masing.

    3 dari 6 halaman

    Lini Tengah

    Formasi 4-1-4-1 Shin Tae-yong telah mematenkan Rachmat Irianto sebagai gelandang jangkar. Gelandang berusia 22 tahun itu akan dibantu oleh Evan Dimas dan Ricky Kambuaya yang berada sedikit di depannya.

    Pakem Irianto sebagai gelandang bertahan dan Evan serta Kambuaya menjadi gelandang box to box telah dimatangkan Shin Tae-yong sejak Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023.

    Kemungkinan absennya Egy Maulana Vikri selama penyisihan grup Piala AFF karena belum dilepas oleh klubnya, FK Senica membuat peluang Irfan Jaya naik sebagai starter membesar.

    Jika Irfan Jaya dimainkan sebagai gelandang sayap kanan, Witan Sulaeman bakal mengisi posisi gelandang sayap kiri.

    Shin Tae-yong sudah mencoba memakai pola ini saat Timnas Indonesia mengalahkan Myanmar 4-1. Ketika itu, Egy telah meninggalkan Skuad Garuda untuk kembali ke FK Senica.

    4 dari 6 halaman

    Lini Depan

    Penampilan moncer Ezra Walian selama uji coba di Turki membuat pemain naturalisasi itu diprediksi akan menjadi striker utama Timnas Indonesia di Piala AFF.

    Ezra menjadi satu-satunya penyerang Skuad Garuda yang mencetak gol di Turki. Bomber Persib Bandung itu membukukan dua gol.

    Sementara itu, Dedik Setiawan, Kushedya Yudo, dan Hanis Saghara gagal berkontribus besar untuk Timnas Indonesia di Turki.

    Ezra kerap dirotiasi dengan Dedik dalam latih tanding di Turki. Namun, berkat performa yang menjanjikan, pemain berusia 24 tahun itu dapat menyegel satu tempat di lini depan Timnas Indonesia.

    5 dari 6 halaman

    Prediksi Formasi Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

    Timnas Indonesia (4-1-4-1): Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam, Fachrudin Aryanto, Elkan Baggott, Pratama Arhan; Rachmat Irianto; Irfan Jaya, Evan Dimas, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman; Ezra Walian

    Pelatih: Shin Tae-yong

    6 dari 6 halaman

    30 Pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020

    Kiper

    1. M. Riyandi, Barito Putera

    2. Nadeo Argawinata, Bali United

    3. Ernando Ari, Persebaya Surabaya

    4. Syahrul Fadillah, Persikabo 1973

    Bek

    5. Fachrudin Aryanto, Madura United

    6. Victor Igbonefo, Persib bandung

    7. Ryuji Utomo, Penang FC

    8. Alfeandra Dewangga, PSIS Semarang

    9. Elkan Baggott, Ipswich Town

    10. Pratama Arhan, PSIS Semarang

    11. Edo Febriansyah, Persita Tangerang

    12. Rizky Ridho, Persebaya Surabaya

    13. Rizky Dwi, Arema FC

    14. Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners

    15. Marckho Sandi, Borneo FC

    Gelandang

    16. Evan Dimas, Bhayangkara FC

    17. Kadek Agung, Bali United

    18. Rachmat Irianto, Persebaya Surabaya

    19. Ahmad Agung, Persik Kediri

    20. Ricky Kambuaya, Persebaya Surabaya

    21. Syahrian Abimanyu, Johor Darul Ta'zim

    22. Irfan Jaya, PSS Sleman

    23. Ramai Rumakiek, Persipura Jayapura

    24. Witan Sulaeman, Lechia Gdanks

    25. Egy Maulana Vikri, FK Senica

    26. Yabes Roni, Bali United

    Penyerang

    27. Kushedya Hari Yudo, Arema FC

    28. Dedik Setiawan, Arema FC

    29. Hanis Saghara, Persikabo 1973

    30. Ezra Walian, Persib Bandung

    Video Populer

    Foto Populer