Sukses


Perjalanan Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia di Piala AFF: 2014 Paling Melimpah, Justru Melempem

Bola.com, Jakarta - PSSI sampai saat ini sudah menaturalisasi 35 pemain untuk kebutuhan prestasi di Timnas Indonesia. Namun, kenyataannya nama-nama yang diharapkan bisa memberikan prestasi justru melempem di Piala AFF.

Timnas Indonesia sudah menggunakan pemain naturalisasi sejak 2010. Sampai saat ini tercatat delapan pemain sudah pernah membela Timnas Indonesia di Piala AFF.

Menggunakan pemain naturalisasi dianggap sebagai jalan pintas menuju gelar juara. Meskipun kenyataannya sampai saat ini berbanding terbalik.

Justru banyak pemain naturalisasi yang kenyataannya tak mampu menembus skuad Timnas Indonesia. Dengan begitu, kebutuhan menaturalisasi sempat jadi pertanyaan.

Jelang Piala AFF 2020, wacana naturalisasi pemain kembali mengudara. PSSI menerima empat nama dari pelatih Shin Tae-yong agar bisa diproses sehingga berpeluang memperkuat Timnas Indonesia pada masa depan.

Pengajuan empat pemain yang dilakukan Shin Tae-yong tentu untuk kebutuhan jangka panjang. Bukan untuk Piala AFF yang secara gengsi hanya untuk kawasan regional Asia Tenggara saja.

Lantas, bagaimana sejauh ini rapor pemain naturalisasi Timnas Indonesia di Piala AFF? Semuanya secara umum belum mampu menghadirkan trofi impian dan menyisakan kegagalan buat skuad Merah Putih.

2 dari 4 halaman

Tampil Melempem

Banyaknya pemain naturalisasi di skuat Timnas Indonesia tak jadi jaminan prestasi. Situasi itu pernah dirasakan Timnas Indonesia ketika menggunakan empat pemain naturalisasi di Piala AFF 2014.

Ketika itu, Timnas Indonesia diperkuat Victor Igbonefo, Raphael Maitimo, Sergio van Dijk, hingga Cristian Gonzales. Di atas kertas, keempat nama tersebut merupakan pemain-pemain yang berkualitas di posisinya masing-masing.

Sayangnya, peran mereka terbukti tak maksimal. Bahkan, tak satu pun dari nama-nama di atas mampu menyumbang gol untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2014.

Timnas Indonesia mencatatkan rapor buruk di Piala AFF 2014. Pasukan asuhan Alfred Riedl ketika itu angkat koper lebih dulu karena tak mampu lolos dari babak penyisihan grup.

3 dari 4 halaman

Hampir Juara

Mengacu pada catatan Timnas Indonesia di Piala AFF, sejatinya peran pemain naturalisasi tak sepenuhnya besar. Fakta itu terbukti saat Timnas Indonesia hanya diperkuat sedikit pemain naturalisasi justru hampir juara.

Situasi itu terjadi pada edisi Piala AFF 2010 dan Piala AFF 2016. Pada edisi 2010 atau saat pertama kali menggunakan jasa pemain naturalisasi, Timnas Indonesia mampu menembus final.

Ketika itu, Timnas Indonesia diperkuat satu pemain naturalisasi yakni Cristian Gonzales. Saat itu, Cristian Gonzales yang sudah berusia 34 tahun tampil mengesankan di lini depan dengan sumbangan tiga gol.

Sayangnya, Timnas Indonesia gagal juara karena kalah di final. Skuad Garuda menyerah dengan agregat 2-4 dari Malaysia.

Situasi serupa terjadi pada edisi 2016. Timnas Indonesia ketika itu hanya diperkuat satu pemain naturalisasi yakni Stefano Lilipaly.

Timnas Indonesia kembali kalah di final setelah menyerah 2-3 dari Thailand. Stefano Lilipaly sepanjang turnamen membuktikan kelasnya dengan tampil mengesankan di lini tengah dan juga menyumbang dua gol.

4 dari 4 halaman

Daftar Pemain Naturalisasi di Piala AFF

Piala AFF 2010

  • Cristian Gonzales

Piala AFF 2012

  • Raphael Maitimo
  • Tonnie Cusell
  • Jhon van Beukering

Piala AFF 2014

  • Victor Igbonefo
  • Raphael Maitimo
  • Cristian Gonzales
  • Sergio van Dijk

Piala AFF 2016

  • Stefano Lilipaly

Piala AFF 2018

  • Beto Goncalves

Piala AFF 2020

  • Victor Igbonefo

 

Video Populer

Foto Populer