Sukses


    Hasil Pertandingan dan Klasemen Piala AFF 2020: Kompak Raih Kemenangan, Malaysia dan Timnas Indonesia Berada di 2 Posisi Teratas Grup B

    Bola.com, Singapura - Dua pertandingan Grup B Piala AFF 2020 digelar di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021). Malaysia dan Timnas Indonesia kompak meraih kemenangan dan berhasil menempati dua posisi teratas dalam klasemen sementara Grup B turnamen sepak bola Asia Tenggara itu.

    Dalam rangkaian laga Grup B Piala AFF 2020 yang digelalr Kamis (9/12/2021), Malaysia tampil lebih dulu dengan menghadapi Laos pada Kamis sore. Harimau Malaya tampil dominan dan berhasil meraih kemenangan telak 4-0, di mana Safawi Rasid sukses mencetak hattrick ke gawang Laos.

    Safawi Rasid membawa Malaysia unggul 2-0 pada babak pertama lewat gol yang dicetak pada menit ketujuh dan 34'. Kemudian pada babak kedua, Sharul Saad menambah keunggulan Malaysia menjadi 3-0 pada menit ke-78 yang dilengkapi dengan gol ketiga Safawi Rasid dua menit berselang.

    Tiga poin dari laga kontra Laos membuat Malaysia kini kukuh di puncak klasemen dengan enam poin dari dua laga. Harimau Malaya memang sudah lebih dulu bertanding pada Senin (6/12/2021), di mana mereka menang 3-1 atas Kamboja.

    Malaysia unggul tiga poin atas Timnas Indonesia dan Vietnam yang berada di posisi kedua dan ketiga dalam klasemen sementara Grup B Piala AFF 2020 dengan tiga poin. Tim Garuda berhasil meraih tiga poin pertamanya saat melawan Kamboja pada Kamis malam.

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 4 halaman

    Timnas Indonesia Awali Kiprah di Piala AFF 2020 dengan Kemenangan

    Timnas Indonesia bermain sangat baik pada babak pertama pertandingan kontra Kamboja di Grup B Piala AFF 2020, yang merupakan laga pertama Tim Garuda di turnamen sepak bola Asia Tenggara itu.

    Rachmat Irianto, yang mencetak dua gol dalam laga ini, membuka keunggulan Tim Garuda pada menit kelima lewat tandukan yang memanfaatkan sepak pojok Evan Dimas. Rian, sapaan karibnya juga mencetak gol dengan cara yang sama pada menit ke-33 setelah memanfaatkan sepak pojok Pratama Arhan.

    Namun, sebelum Rian mencetak gol keduanya, Timnas Indonesia sudah lebih dulu unggul 2-0 lewat gol Evan Dimas pada menit ke-17. Evan memaksimalkan umpan panjang Pratama Arhan ke kotak penalti Kamboja yang gagal diantisipasi stoper tim lawan.

    Setelah unggul 3-0, Kamboja sempat mencetak gol empat menit setelah gol kedua Rachmat Irianto. Tepatnya pada menit ke-37, Yue Safy berhasil menanduk bola memaksimalkan sepak pojok Keo Sokpheng yang menjebol gawang Timnas Indonesia, Syahrul Trisna.

    Menutup babak pertama dengan keunggulan 3-1, Tim Garuda berhasil memperbesarnya menjadi 4-1 lewat gol Ramai Rumakiek pada menit ke-54. Memanfaatkan umpan Ricky Kambuaya, Ramai Rumakiek melepaskan tembakan keras yang sulit dihalau kiper Kamboja, Hul Kimhuy.

    Namun, enam menit berselang Kamboja berhasil menjebol lagi gawang Timnas Indonesia. Tendangan bebas yang dilepaskan oleh Prak Mony Udom sempat membentur pagar betis Timnas Indonesia dan mengubah arah bola. Syahrul Trisna yang melompat sekuat tenaga tak mampu menghalau bola masuk ke dalam gawang.

    Beruntung tak ada tambahan gol lagi dari Kamboja yang bermain lebih baik di babak kedua. Timnas Indonesia pun meraih tiga poin pertamanya di Piala AFF 2020 dan berada di posisi kedua dalam klasemen sementara, unggul produktivitas gol dari Vietnam yang berada di posisi ketiga.

    3 dari 4 halaman

    Susunan Pemain

     

    Malaysia vs Laos

    • Malaysia (4-1-4-1): Khairul Fahmi; Rizal Ghazali, Aidil Zafuan, Sharul Saad, Syahmi Safari; Baddrol Bakhtiar; Safawi Rasid, Mukhairi Ajmal Mahadi, Syafiq Ahmad, Arif Aiman; Luqman Hakim Shamsudin
    • Pelatih: Tan Cheng Hoe
    • Laos (3-4-2-1): Keo Souvannasangso; Thipphachanh Inthavong, Mitsada Saitaifa, Anantaza Siphongphan; Xeedee Phomsavanh, Phoutthasay Khochalern, Manolom Phetphakdy, Nalongsit Chanhthalangsy; Soukaphone Vongchiengkham, Bounpachan Bounkong; Billy Ketkeophomphone
    • Pelatih: V. Selvaraj

    Timnas Indonesia vs Kamboja

    • Timnas Indonesia (4-1-4-1): Syahrul Trisna; Asnawi Mangkualam, Ryuji Utomo, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan; Rachmat Irianto; Irfan Jaya, Evan Dimas, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman; Ezra Walian
    • Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)
    • Kamboja (4-3-3): Hul Kimhuy; Sath Rosib, Saret Krya, Tes Sambath, Yue Safy; Choun Chanchav, Min Ratanak, Nhean Sosidan; Lim Pisoth, Sieng Chanthea, Keo Sokpheng
    • Pelatih: Ryu Hirose (Jepang)

     

    4 dari 4 halaman

    Hasil dan Klasemen Piala AFF 2020

    Hasil Lengkap Grup B Piala AFF 2020, Kamis 9 Desember 2020

    Malaysia vs Laos 4-0

    (Safawi Rasid 7', 34', 80', Shahrul Saad 78')

    Timnas Indonesia vs Kamboja 4-2

    (Rachmat Irianto 4', 33', Evan Dimas 17', Ramai Rumakiek 54' | Yue Safy 37', Prak Mony Udom 60')

     

    Klasemen sementara Piala AFF 2020

    Klasemen Grup A

       Main  Menang Seri  Kalah  Nilai 
     Singapura 2 2 0 0 6
     Thailand 1 1 0 0 3
     Myanmar 2 1 0 1 3
     Filipina 1 0 0 1 0
     Timor Leste 2 0 0 2 0

     

     

     

     

     

     

     

     

    Klasemen Grup B

       Main  Menang Seri  Kalah  Nilai 
     Malaysia 2 2 0 0 6
     Indonesia 1 1 0 0 3
     Vietnam 1 1 0 0 3
     Kamboja 2 0 0 2 0
     Laos  2 0 0 2 0

     

    Video Populer

    Foto Populer