Sukses


    Berpengalaman Main di Liga Thailand, 2 Stoper Timnas Indonesia Hanya Jadi Penonton di Leg Pertama Final Piala AFF 2020

    Bola.com, Kallang - Timnas Indonesia memiliki dua pemain yang berpengalaman di Liga Thailand dalam skuad di Piala AFF 2020. Namun, dua pemain itu hanya menjadi penonton ketika Tim Garuda dibungkam 0-4 dari Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2020, Rabu (29/12/2021).

    Timnas Indonesia dipaksa mengakui keunggulan Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2020. Tak tanggung-tanggung, empat gol harus bersarang di gawang yang dikawal Nadeo Argawinata tanpa bisa dibalas oleh Asnawi Mangkualam dkk.

    Dalam skuad Garuda saat ini, ada dua nama yang boleh dibilang familiar dengan cara bermain Thailand, yaitu Victor Igbonefo dan Ryuji Utomo. Keduanya pernah merasakan atmosfer Liga Thailand.

    Sayangnya, peran Victor Igbonefo dan Ryuji Utomo di Piala AFF 2020 ini masih minim. Bahkan dalam pertandingan pertama final Piala AFF 2020, keduanya kembali hanya menjadi penonton saja.

    Victor Igbonefo ada di dalam daftar pemain dalam laga final ini. Namun, bek naturalisasi itu tidak mendapatkan kepercayaan masuk dalam pertandingan. Sementara nama Ryuji Utomo sama sekali tidak ada dalam daftar 23 nama untuk laga final pertama Piala AFF 2020 ini.

    Keduanya diyakini memberikan kontribusi dengan cara yang lain untuk Timnas Indonesia jelang menghadapi Thailand, yaitu dengan memberi informasi mengenai permainan Thailand berdasarkan pengalaman mereka bermain di Liga Thailand.

     
    2 dari 3 halaman

    Victor Igbonefo

    Victor Igbonefo kali pertama bermain di Liga Thailand bersama Chiangrai United pada 2012. Ketika itu ia berstatus sebagai pemain pinjaman dari Pelita Jaya.

    Victor bersama Greg Nwokolo dipinjamkan karena kompetisi di Indonesia sudah berakhir. Hanya setengah musim, ia kembali lagi ke Indonesia.

    Ketika Indonesia dijatuhi sanksi FIFA dan tak bisa menggelar kompetisi resmi, Victor pun kembali ke Thailand. Statusnya lagi-lagi pemain pinjaman. Kali ini Arema meminjamkannya ke Osotspa Samut Prakan. Musim selanjutnya dia pindah ke Navy, Nakhon Ratchasima.

    Musim 2019, Victor Igbonefo sempat kembali ke Thailand dan membela PTT Rayong. Boleh dibilang Igbonefo adalah pemain Indonesia yang paling berpengalaman dalam hal berkarier di Thailand. Sudah lima klub berbeda diperkuatnya dalam empat tahun. Igbonefo pun selalu menjadi pilihan utama klubnya.

    Dalam sebuah momen wawancara dengan Bola.com, Victor Igbonefo mengakui level kompetisi di Thailand berbeda dengan Indonesia. Karakter permainan tim juga berbeda. Mereka tak jarang memperlihatkan permainan keras, tapi lebih kepada passing dan kerja sama tim.

    Itu sebabnya kolaborasi permainan Timnas Thailand sangat dominan. Setiap klub menerapkan cara bermain seperti itu, sehingga pemainnya secara otomatis bisa memperagakannya ketika membela Timnas Thailand.

    Namun, sayang dalam laga menghadapi Thailand pada final leg pertama Piala AFF 2020, Victor Igbonefo tidak mendapatkan kepercayaan untuk turun bermain bersama Timnas Indonesia. Padahal dia ada di bangku cadangan.

     

     

    3 dari 3 halaman

    Ryuji Utomo

    Stoper bertubuh kekar ini sempat menjadi pilihan utama pada laga pertama Timnas Indonesia di Grup B Piala AFF 2020. Ryuji Utomo bermain selama 45 menit pertama pertandingan yang berakhir dengan kemenangan 4-2 atas Kamboja itu.

    Namun, setelah itu Ryuji Utomo kerap hanya menjadi penghias bangku cadangan Timnas Indonesia dalam beberapa laga selanjutnya.

    Menghadapi Thailand di leg pertama final Piala AFF 2020, Ryuji Utomo seharusnya bisa menjadi pilihan mengingat pengalamannya berkarier di Liga Thailand.

    Ia pernah bermain di kasta kedua Liga Thailand bersama PTT Rayong. Selama satu musim bermain, Ryuji berhasil membawa klubnya promosi ke kasta tertinggi Liga Thailand. Ryuji Utomo pun menjadi pilihan utama di sana.

    Pengalaman Ryuji memang tidak sebanding dengan Victor Igbonefo. Namun, setidaknya dia memiliki gambaran seperti apa cara bermain tim Thailand..

    Namun, Shin Tae-yong tidak menjadikan hal tersebut sebagai pertimbangan memilih starting eleven dalam leg pertama final Piala AFF 2020. Ryuji bahkan tidak ada dalam daftar 23 pemain untuk pertandingan menghadapi Thailand itu.

     

    Video Populer

    Foto Populer