Sukses


    Profil Kota Penyelenggara Piala Dunia 2018: Kaliningrad

    Bola.com, Jakarta - Kaliningrad adalah ibu kota Oblast Kaliningradskaya, sebuah daerah administratif Federasi Rusia yang terletak di antara dua negara yakni Lithuania dan Polandia. Kaliningrad adalah ibukota daerah paling barat di Rusia dan menghadap laut Baltik.

    Kaliningrad, didirikan sebagai benteng Ordo Teutonik pada tahun 1255, awalnya bernama Koenigsberg. Area ini dahulu sempat dikuasai oleh Uni Soviet. Pada tahun 1946, barulah Koenigsberg berubah nama menjadi Kaliningrad.

    Kaliningrad dahulu sempat menjadi area yang tertutup. Dalam artian tak boleh ada orang asing yang memasuki kota tersebut. Pasalnya, kota itu menjadi lokasi banyak fasilitas militer strategis sejak era Soviet. Barulah setelah Soviet bubar, banyak orang asing bisa datang ke kota yang dilalui oleh sungai Pregolya tersebut.

    Saat ini Kaliningrad adalah pusat pengiriman utama di mana banyak rute kereta api internasional, kemudian ada pula rute pengiriman dari darat, laut dan udara yang bersilangan. Kaliningrad juga merupakan salah satu kota industri paling maju di Rusia. Wilayah ini juga merupakan ladang batu amber terbesar di dunia, di mana mereka menghasilkan lebih dari 90% stok batu tersebut di seluruh dunia.

     

    Salah satu landmark yang terkenal di kota ini adalah Katedral Koenigsberg yang didirikan pada abad ke-13. Di katedral itu terdapat makam Immanuel Kant, paterfamilia filsafat klasik Jerman. Selain itu tampilan Kaliningrad sendiri didefinisikan oleh melimpahnya arsitektur Eropa pra-1945 yang diawetkan dengan baik dan banyaknya jalanan yang dilapisi dengan batu-batu tua.

    Selain itu, banyak museum bahari dan benteng pertengahan abad ke-19 yang mampu berdiri dengan awet di Kaliningrad. Ada tujuh gerbang neo-gothic bersejarah, dua menara benteng, beberapa barak bersejarah dan benteng mengelilingi pusat kota. Ada pula beberapa benteng di terletak di perbatasan area luar kota. Awalnya benteng-benteng itu dikuasai oleh militer Rusia, namun selepas tahun 2010 pihak militer melepaskan cengkeramannya dari benteng-benteng itu dan sekarang tempat itu dijadikan objek wisata.

    Kota Kaliningrad dibanjiri banyak restoran sejak awal tahun 1990an. Restoran-restoran itu kebanyakan menawarkan makanan khas Prussia Timur seperti Konigsberger Klopse, yakni bakso alias bola-bola daging yang diberi saus putih.

    Selain itu, karena terletak di dekat laut, maka banyak pula tempat yang menyediakan aneka makanan seafood, termasuk sushi, plus salad. Uniknya, hidangan pizza juga populer di sini. Selain itu ada pula Konigsberger Fleck, yakni sup babat sapi.

    Kaliningrad juga memiliki brand vodka dan bir sendiri. Untuk vodka, mereknya adalah Stari Konigsberg dan untuk bir adalah Ostmark

    A. Nama Kota: Kaliningrad

    Nama Stadion: Kaliningrad Stadium/Arena Baltika

    Jumlah Penduduk: 460 ribu jiwa.

    B. Jadwal pertandingan di Kaliningrad

    1. Kroasia Vs Nigeria (Grup D / 16 Juni 2018)

    2. Serbia Vs Swiss (Grup E / 11 Juni 2018)

    3. Spanyol Vs Maroko (Grup B / 25 Juni 2018)

    4. Inggris Vs Belgia (Grup G / 28 Juni 2018)

    Sumber: Bola.net

    Video Populer

    Foto Populer