Sukses


    Piala Dunia 2022 : Kualitas Pasukan Jos Gandos yang Bikin Bingung Pelatih Timnas Prancis, Rawan Konflik Internal

    Bola.com, Jakarta - Siapa yang tak kenal dengan sebagian besar penggawa Timnas Prancis sekarang. Setelah sukses menjadi jawara Piala Dunia 2018, sederet nama langsung melejit. Sementara yang sudah ternama semakin kinclong.

    Artinya, bagi seorang pelatih, memiliki banyak pemain bintang merupakan anugerah sekaligus menimbulkan persoalan rumit. Yup, kompleks karena harus memilih siapa yang layak masuk tim utama atau starting XI. Kondisi inilah yang tengah dihadapi pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps.

     

    2 dari 7 halaman

    Tugas Berat

    Deschamps mengemban misi berat ke Qatar, di pentas Piala Dunia 2022. Datang sebagai juara bertahan, eks kapten Juventus ini bertekad mengulang kejadian di Rusia, empat tahun silam.

    Legenda Juventus itu pastinya berharap Prancis jangan sampai mengalami nasib buruk seperti di edisi 2002. Saat itu, Les Bleus yang juga berstatus sebagai juara bertahan tak sanggup melewati fase grup.

    Belajar dari momen pahit itu, Deschamps sudah mempersiapkan skuadnya jauh-jauh hari. Hanya saja, juru taktik 53 tahun tengah dipusingkan terkait pemain yang akan jadi pilihan utama.

     

    3 dari 7 halaman

    Aneka Wajah

    Selain wajah-wajah lama, skuad Prancis kali ini juga berisi para pemain baru, seperti Jules Kounde dan Aurelien Tchouameni. Kedua pemain ini tengah naik daun bersama klubnya masing-masing.

    Kounde, 23 tahun, sejauh ini tampil impresif bersama Barcelona. Begitu juga dengan Tchouameni, panen pujian di Real Madrid. Keduanya adalah contoh betapa Deschamps harus benar-benar berpikir matang untuk menjatuhkan pilihan.

    Siapa yang lainnya, dan mungkin saja menimbulkan persaingan luar biasa :

     

    4 dari 7 halaman

    Hugo Lloris Vs Mike Maignan

    Hugo Lloris memang masih menjadi opsi tepat di bawah mistar. Veteran berusia 35 tahun milik Tottenham Hotspur itu sosok kiper kaya pengalaman dan punya mental juara.

    Bersama Prancis, Lloris pernah memenangkan Piala Dunia 2018, UEFA Nations League 2021, dan runner up Euro 2016. Namun, Maignan juga oke.

    Kiper berumur 27 tahun itu sejak 2021 memperkuat AC Milan setelah tampil cemerlang bersama Lille. Jauh lebih muda, Maignan saat ini disebut-sebut masih sedikit lebih baik dari Lloris.

     

    5 dari 7 halaman

    Lucas Hernandez Vs Presnel Kimpembe Vs William Saliba

    Raphael Varane menikmati performa positif di Manchester United sejak dipasangkan dengan Lisandro Martinez. Dia adalah favorit Deschamps dan tak ada yang meragukan ia bakal jadi andalan. Begitu juga dengan Kounde.

    Jika Deschamps memainkan Kounde sebagai bek kanan atau formasi tiga bek, akan membutuhkan satu posisi di bek tengah. Ada tiga kandidat yakni Hernandez, Kimpembe, dan Saliba.

    Sejauh ini, Saliba tampil jempolan bersama Arsenal di Premier League 2022/2023. Namun, Deschamps jauh lebih akrab dengan bek Bayern Munchen, Hernandez. Selain Hernandez, Deschamps juga senang dengan tipikal permainan bek Paris Saint German, Kimpembe.

     

    6 dari 7 halaman

    Ferland Mendy Vs Theo Hernandez Vs Lucas Digne

    Ferland Mendy, bek kiri berusia 27 tahun kepunyaan Real Madrid, baru mengemas tujuh penampilan bersama tim senior Prancis. Dia tak masuk skuad Les Bleus sejak 2020.

    Mendy akan bersaing dengan Theo Hernandez (AC Milan) dan Lucas Digne (Aston Villa). Dari ketiga kandidat ini, Deschamps disebut-sebut lebih condong kepada Hernandez.

     

    7 dari 7 halaman

    N'Golo Kante Vs Aurelien Tchouameni

    Belakangan, Kante rentan cedera. Inilah yang membuat Deschamps ketar-ketir. Itu berarti, Deschamps harus segera mencari pemain pelapis atau pengganti di lini tengah.

    Musim lalu, bersama Chelsea, Kante hanya mengepak 21 laga di Premier League. Posisi Kante jelas terancam, mengingat Tchouameni tampil impresif di Real Madrid. Jika bisa tampil konsiten, bukan tak mungkin Deschamps akan lebih memilih Tchouameni.

    Video Populer

    Foto Populer