Sukses


    VIDEO: Mengenang Momen-Momen Ratu Elizabeth II dan Piala Dunia

    Bola.com, Jakarta - Kabar duka datang dari salah satu negara yang pernah menjadi juara Piala Dunia, yaitu Inggris. Ratu Elizabeth II diumumkan meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat. Untuk mengenangnya, sang ratu memiliki beberapa momen yang berkaitan dengan Piala Dunia.

    Salah satunya tentunya ketika Piala Dunia dihelat di Inggris, yaitu untuk edisi 1966. Turnamen tersebut menjadi penyelenggaraan kedelapan Piala Dunia. Ajang itu dihelat pada 11 sampai dengan 30 Juli. Ratu Elizabeth II juga hadir untuk laga pertama Piala Dunia 1966.

    Pertandingan pembukaan digelar di Wembley Stadium dan disaksikan oleh 87.148 orang. Timnas Inggris berhadapan dengan Uruguay, yang berstatus sebagai juara Piala Dunia 1930 dan 1950. Sementara itu, The Three Lions ketika itu memiliki pencapaian terbaik lolos ke perempat final, yaitu pada edisi 1954 dan 1962.

    Ratu Elizabeth II sempat menyalami kedua tim jelang pertandingan. Ketika itu, starting XI Timnas Inggris adalah Gordon Banks, George Cohen, Ray Wilson, Jack Charlton, Bobby Moore, Nobby Stiles, Alan Ball, Jimmy Greaves, Bobby Charlton, John Connelly, dan Roger Hunt. Tim tuan rumah ditangani Alf Ramsey.

    Laga pembuka tersebut berakhir dengan skor imbang tanpa gol. Namun, pada dua pertandingan selanjutnya di Grup A, Inggris menang 2-0 atas Meksiko dan menaklukkan Prancis dengan skor yang sama.

    Bobby Moore dan kawan-kawan lolos ke perempat final dan mengalahkan Argentina 1-0 untuk melaju ke semifinal. Selanjutnya, mereka menaklukkan Portugal dengan skor tipis 2-1. Timnas Inggris akhirnya menjadi juara setelah menang 4-2 atas Jerman Barat setelah sempat imbang 2-2 pada waktu normal (2x45 menit).

    Ratu Elizabeth II juga hadir untuk seremoni penyerahan trofi Jules Rimet kepada Timnas Inggris. Ketika itu, pemain yang pertama kali menerima trofi Piala Dunia adalah sang kapten, Bobby Moore. (Video diedit oleh Alpenta Mulia Sitompul, mahasiswa magang dari Universitas Negeri Jakarta).

    Video Populer

    Foto Populer