Sukses


    3 Laga Paling Mengejutkan dalam Sejarah Pembukaan Piala Dunia: Juara Bertahan Pernah Kalah

    Bola.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 resmi akan dimulai pada Minggu (20/11/2022) malam WIB. Tuan rumah Qatar akan menghadapi Ekuador pada laga pembuka Piala Dunia edisi ke-22 sepanjang sejarah.

    Sebagai tuan rumah, Qatar tentu diunggulkan pada laga pembuka Piala Dunia 2022 yang akan digelar di Report Al Bayt Stadium, Al Khor, tersebut. Maklum, Qatar bakal mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat yang hadir.

    Namun, tak semua laga pembuka Piala Dunia berjalan mulus buat tim tuan rumah. Sejarah mencatat, ada pula tim tuan rumah yang gagal menang hingga berhasil menggemparkan dengan kemenangan telak.

    Lantas, apa saja laga pembuka Piala Dunia yang berhasil membuat kejutan? Berikut ini tiga pilihannya versi Bola.com.

    2 dari 5 halaman

    Piala Dunia 2002

    Piala Dunia 2002 digelar di Korea Selatan dan Jepang. Namun, ketika itu laga pembukaan mempertemukan Prancis sebagai juara bertahan melawan tim debutan Piala Dunia, Senegal.

    Berlaga di Seoul World Cup Stadium, Seoul (31/5/2002), Prancis tentu diunggulkan untuk meraih kemenangan. Namun, yang terjadi justru sebaliknya.

    Prancis dipaksa mengakui kekalahan 0-1 dari Senegal. Ketika itu, gol kemenangan Senegal dicetak oleh Bouba Diop pada menit ke-30.

    3 dari 5 halaman

    Piala Dunia 2010

    Timnas Afrika Selatan berjumpa Meksiko pada laga pembuka Piala Dunia 2002 yang digelar Soccer City Stadium, Johannesburg (11/6/2010). Ketika itu, tim tuan rumah sempat unggul lebih dulu melalui gol Siphiwe Tshabalala pada menit ke-55.

    Namun, kemenangan yang sudah didepan mata sirna setelah Rafael Márquez mencetak gol penyeimbang padamenit ke-79. Laga tersebut kemudian diakhiri dengan skor 1-1.

    Ini menjadi catatan buruk buat tim tuan rumah gagal memenangi laga pembuka Piala Dunia setelah edisi 2002. Ketika itu, Jepang dipaksa bermain 2-2 melawan Denmark.

    4 dari 5 halaman

    Piala Dunia 2018

    Piala Dunia 2018 digelar di Rusia. Ketika itu, laga pembukanya adalah Rusia melawan Arab Saudi yang berlangsung di Luzhniki Stadium, Moskow (14/11/2022).

    Secara mengejutkan, Rusia berhasil menang dengan skor telak 5-0. Gol kemenangan tim berjulukan Beruang Merah itu dicetak oleh Yury Gazinsky (12') , Denis Cheryshev (43', 90+1'), Artem Dzyuba (71'), dan Aleksandr Golovin 90+4.

    Kemenangan besar itu masuk sejarah sebagai yang terbesar dalam laga pembuka Piala Dunia. Menarik untuk menyaksikan siapa tim yang mampu memecahkan rekor tersebut.

    5 dari 5 halaman

    Piala Dunia 2022 Ekskulif di EMTEK

    <p>Piala Dunia 2022 - Ilustrasi Liputan Langsung Pesta Bola 2022_1 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer