Sukses


Timnas Jepang Kalahkan Jerman di Piala Dunia 2022, Jose Mourinho: Biasa Saja, Bukan Kejutan Besar!

Bola.com, Jakarta - Timnas Jepang membuat kejutan di Piala Dunia 2022. Mereka mampu menang 2-1 atas Timnas Jerman di Khalifa International Stadium, Al Rayyan, Kamis (24/11/2022) malam WIB. 

Banyak orang yang terkejut dengan pencapaian apik Timnas Jepang itu. Namun, tidak demikian dengan pelatih AS Roma, Jose Mourinho.

Ia merasa Timnas Jepang memang layak menang. Sebab, tim yang dijuluki Samurai Blue itu memiliki tim dengan kualitas yang bagus secara individual dan secara kolektif.

"Ini pencapaian luar biasa, tapi sejujurnya ini bukan kejutan yang gila," kata Mourinho dilansir dari Sky Sports.

"Timnas Jepang adalah tim bagus dengan pemain bagus, mereka mendapatkan pengalaman bagus di Piala Dunia sebelumnya dan mayoritas pemain mereka berlaga di Eropa," sambungnya.

2 dari 5 halaman

Mentalias Jadi Pembeda

Pelatih asal Portugal itu kemudian berbicara mengenai mentalitas yang terlihat berbeda dalam laga antara Jerman melawan Timnas Jepang itu. Ia merasa Takuma Asano dkk. memiliki mentalitas yang lebih baik.

"Mentalitas pemain dan tim juga menjadi pembeda," ujarnya.

Jose Mourinho juga berbicara mengenai kondisi sepak bola di Eropa terkini. Menurutnya, di Eropa banyak orang lebih fokus pada permainan individual pemain dan ego dari pemain belakangan ini.

"Saya pikir saat ini di Eropa lebih fokus pada individu dan ego, sementara tim-tim seperti Jepang berbeda," jelasnya.

3 dari 5 halaman

Terkesan Son Heung-min

Sepanjang kariernya sebagai pelatih, Jose Mourinho memang belum pernah melatih pemain yang berasal dari Jepang. Namun, ia pernah menukangi pemain yang berasal dari Asia.

Hal itu dialami Mourinho saat menjadi manajer Tottenham Hotspur di mana ada Son Heung-min. Ia pun kagum dengan kualitas yang dimiliki pemain asal Korea Selatan itu.

"Saya tidak pernah melatih pemain Jepang, tapi saya pernah melatih pemain Asia (Son Heung-min) Dalam kasus saya, saya beruntung karena pernah melatih pemain terbaik Asia," tandas Mou.

4 dari 5 halaman

Posisi Jepang di Piala Dunia 2022

5 dari 5 halaman

Liputan Khusus KLY di Piala Dunia 2022

<p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

 

Mengintip Markas Latihan Mbappe, dkk di Piala Dunia 2022

Video Populer

Foto Populer