Sukses


    Skuad Timnas Iran Kembali Menyanyikan Lagu Kebangsaan di Piala Dunia 2022: Takut Keluarga Disiksa Hingga Masuk Penjara

    Bola.com, Doha - Timnas Iran kembali menyanyikan lagu kebangsaan pada laga pamungkas Grup B Piala Dunia 2022 melawan Amerika Serikat, Rabu (30/11/2022) dini hari WIB. Menurut laporan CNN International, aksi itu dilakukan karena takut keluarga mereka disiksa hingga masuk penjara.

    Timnas Iran sempat membuat kejutan dengan tidak menyanyikan lagu kebangsaan pada laga pembuka Piala Dunia 2022 melawan Inggris (21/11/2022). Aksi itu dilakukan sebagai bentuk dukungan protes atas isu pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Iran.

    Sikap para pemain itu ternyata berbuntut panjang. Para pemain kemudian dihubungi oleh Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC) yang memberi tahu keluarga mereka akan mendapatkan kekerasaan dan penyiksaan atau masuk penjara bila tidak menyanyikan lagu kebangsaan.

    Adanya ancaman kemudian membuat skuad Timnas Iran melunak. Pada laga kedua Piala Dunia 2022 melawan Wales (25/11/2022), para pemain kembali menyanyikan lagu kebangsaan, begitu pula saat menghadapi Amerika Serikat (30/11/2022).

    2 dari 5 halaman

    Dipantau Mata-mata

    Puluhan petuhan IRGC bahkan disebut mengirimkan orang khusus ke Qatar untuk memantau pemain Timnas Iran. Mereka disebar di antara suporter untuk melihat siapa pemain yang tidak menyanyikan lagu kebangsaan pada Piala Dunia 2022.

    Penolakan menyanyikan lagu kebangsaan dianggap Pemerintah Iran sebagai ancaman yang serius. Bahkan, para pemain juga diancam agar tidak ikut protes politik apapun melawan rezim.

    Timnas Iran dipastikan tersingkir dari Piala Dunia 2022. Pasukan Carlos Queiroz tersingkir setelah finis di urutan ketiga dengan nilai tiga poin.

    3 dari 5 halaman

    Rapor Timnas Iran

    Timnas Iran meraih sekali kemenangan dan dua kali kalah pada Piala Dunia 2022. Iran juga tercatat mencetak empat gol dan kebobolan tujuh kali.

    Ini menjadi edisi Piala Dunia keenam bagi Iran gagal melaju ke babak 16 besar. Iran tercatat tak pernah mampu lolos dari babak penyisihan grup.

    Catatan itu terjadi pada Piala Dunia 1978, 1998, 2006, 2014, 2018, dan 2022. Iran punya kesempatan untuk memecahkan rekor pada edisi Piala Dunia selanjutnya.

    4 dari 5 halaman

    Klasemen Akhir Grup B

    5 dari 5 halaman

    Piala Dunia 2022 Eksklusif di EMTEK

    <p>Piala Dunia 2022 - Ilustrasi Liputan Langsung Pesta Bola 2022_1 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer