Sukses


    8 Fakta Menarik dalam Kemenangan Brasil atas Korea di 16 Besar Piala Dunia 2022: Neymar dan Thiago Silva Jempolan!

    Bola.com, Doha - Timnas Brasil berhasil meraih kemenangan 4-1 atas Korea Selatan di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Selasa (6/12/2022) dini hari WIB. Selecao pun melangkah ke perempat final Piala Dunia 2022.

    Brasil bahkan mampu unggul 4 gol langsung pada babak pertama. Keempat gol Brasil masing-masing dicetak oleh Vinicius Junior pada menit ketujuh, penalti Neymar pada menit ke-13, gol Richarlison pada menit ke-29, dan Lucas Paqueta pada menit ke-36.

    Korea Selatan hanya mampu membalas satu gol pada babak kedua. Paik Seung-ho mencetak gol indah lewat tembakan jarak jauh pada menit ke-77. Gol tersebut menjadi yang terakhir dalam pertandingan tersebut.

    Kemenangan 4-1 mengantarkan Brasil melangkah ke perempat final Piala Dunia 2022. Selecao bakal menghadapi Kroasia dalam laga selanjutnya.

    Banyak fakta menarik tercipta dalam kemenangan Brasil di laga 16 besar Piala Dunia 2022. Berikut ulasannya:

     

    2 dari 10 halaman

    Neymar Sejajar Ronaldo

    Setelah mengalami cedera saat menghadapi Serbia di laga pertama fase grup Piala Dunia 2022, Neymar akhirnya kembali bermain dan mencetak gol saat melawan Korea Selatan di 16 besar. Neymar mencetak gol dari titik putih pada menit ke-13.

    Gol perdana Neymar di Piala Dunia 2022 ini membuatnya kini memiliki catatan yang sama dengan legenda Brasil, Ronaldo Luis Nazario de Lima, dengan sama-sama mencetak gol dalam tiga edisi Piala Dunia berbeda.

    Jika masih bermain dan mencetak gol di Piala Dunia 2026 yang akan digelar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko, Neymar akan bisa menyamai torehan legenda Brasil lainnya, Pele, yang tercatat mencetak gol dalam empat edisi Piala Dunia berbeda.

    3 dari 10 halaman

    Neymar Selangkah Lagi Sejajar dengan Pele

    Untuk mengejar torehan Pele yang mencetak gol dalam empat edisi Piala Dunia berbeda, Neymar masih membutuhkan waktu selama empat tahun lagi.

    Namun, ada hal yang bisa segera dilakukan Neymar untuk sejajar dengan legenda sepak bola Brasil itu. Neymar kini hanya butuh satu gol lagi untuk menyamai torehan gol Pele bersama Timnas Brasil.

    Gol Neymar ke gawang Korea Selatan di 16 besar Piala Dunia 2022 merupakan gol ke-76 untuk Selecao dalam 123 laga. Sementara Pele tercatat mencetak 77 gol dalam 92 pertandingan yang membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Timnas Brasil.

    4 dari 10 halaman

    Alisson Mencatatkan Penyelamatan Pertama di Piala Dunia 2022

    Alisson Becker kembali menjadi andalan di bawah mistar gawang Timnas Brasil saat menghadapi Korea Selatan di 16 besar Piala Dunia 2022.

    Kiper Liverpool ini memang sempat diistirahatkan saat Brasil menghadapi Kamerun dalam laga terakhir fase grup. Tite memilih untuk memainkan Ederson Moraes karena Selecao sudah memastikan diri melangkah ke 16 besar berkat kemenangan dalam dua laga pertama.

    Menariknya, laga kontra Korea Selatan ini memberikan fakta menarik mengenai Alisson. Pada menit ke 18, Alisson melakukan sebuah penyelamatan yang ternyata menjadi penyelamatan pertamanya di Piala Dunia 2022.

    Menurut Squawka, Alisson mencatatkan penyelamatan pertamanya di Piala Dunia 2022 setelah bermain sepanjang 198 menit. Artinya, lini pertahanan Brasil pun luar biasa di Piala Dunia 2022 ini.

    5 dari 10 halaman

    Richarlison Lebih dari Ronaldinho dan Adriano

    Setelah mencetak dua gol dalam kemenangan perdana Brasil di Piala Dunia 2022, Richarlison akhirnya kembali mencatatkan namanya di papan skor saat menghadapi Korea Selatan.

    Gol ketiga Richarlison di Piala Dunia 2022 ini membuat pemain Tottenham Hotspur itu kini memiliki catatan yang lebih baik dari dua legenda Brasil, Ronaldinho dan Adriano.

    Kedua mantan penyerang Brasil itu tercatat hanya mencetak dua gol dalam keikutsertaan mereka di Piala Dunia.

     

    6 dari 10 halaman

    Catatan Terbaik Brasil di Piala Dunia 2022

    Dalam pertandignan ini, Brasil tak hanya sekadar menang dengan skor besar 4-1 atas Korea Selatan. Namun, Selecao berhasil mencetak semua gol mereka pada babak pertama, bahkan hanya dalam 35 menit pertandingan.

    Ini menjadi catatan terbaik Brasil sepanjang Piala Dunia 2022 dalam urusan mencetak gol. Mereka mencetak lebih banyak gol di babak pertama, bahkan lebih banyak dari total gol yang mereka buat sepanjang tiga pertandingan fase grup.

     

    7 dari 10 halaman

    Thiago Silva Jadi Pencetak Assist Tertua dalam Sejarah Piala Dunia

    Thiago Silva mencatatkan rekor sebagai pemain tertua yang membuat assist di Piala Dunia. Ia memang memberkan umpan terobosan yang berakhir sebagai gol ketiga Brasil dalam pertandingan 16 besar Piala Dunia 2022 yang dicetak Richarlison pada menit ke-29.

    Seperti dilansir dari Squawka, Thiago Silva mencatatkan diri sebagai pemain tertua yang mencatatkan assist di Piala Dunia, di mana usianya sudah 38 tahun dan 74 hari.

    Bek Timnas Brasil itu memecahkan rekor yang sebelumnya dimiliki oleh Roger Milla sejak Piala Dunia 1990, di mana saat itu Roger Milla membuat assist pada usia 38 tahun dan 42 hari.

    Thiago Silva memang tampil ciamik dalam laga kontra Korea Selatan. Ia memenangkan 100 persen duel, mencatatkan 94 persen akurasi umpan, 91 sentuhan, 87 umpan, 8 umpan panjang, dan satu umpan terobosan yang berbuah assist.

     

    8 dari 10 halaman

    Brasil Sudah Mainkan 26 Pemain di Piala Dunia 2022

    Piala Dunia 2022 menjadi edisi pertama turnamen empat tahunan itu yang memperbolehkan setiap tim kontestan mendaftarkan 26 pemain untuk berkiprah di Qatar.

    Biasanya dalam turnamen serupa, termasuk Piala Dunia 2018, setiap tim hanya mendaftarkan 23 pemain. Aturan baru mengenai jumlah pemain yang didaftarkan memang baru disetujui pada Agustus 2022 lalu.

    Menariknya, dalam pertandingan ini, pelatih Timnas Brasil, Tite, membuat pergantian pemain yang unik. Alisson Becker, sang penjaga gawang ditarik keluar dan digantikan oleh Weverton, kiper ketiga mereka.

    Pergantian pemain ini sekaligus menjadi catatan tersendiri bagi Brasil. Selecao telah memainkan ke-26 pemain yang didaftarkan di Piala Dunia 2022.

    Bahkan keputusan Tite ini menjadikan Brasil sebagai tim pertama dalam sejarah Piala Dunia yang memainkan 26 pemain dalam satu edisi turnamen.

    9 dari 10 halaman

    Brasil Selalu Memenangkan Laga 16 Besar dalam 8 Turnamen Terakhir

    Kemenangan atas Korea Selatan di 16 besar Piala Dunia 2022 juga memberikan catatan positif bagi Timnas Brasil. Selecao tercatat selalu memenangkan laga 16 besar dalam delapan turnamen besar yang mereka ikuti, baik Piala Dunia maupun Copa America.

    Seperti dilansir dari William Hill, Brasil tercatat mengalahkan Amerika Serkat, Chile, Belgia, Ghana, Meksiko, dan Korea Selatan untuk memenangkan delapan laga 16 besar turnamen yang mereka ikuti.

    Chile menjadi tim yang paling sering dikalahkan Brasil di pertandingan 16 besar dalam delapan turnamen terakhir yang mereka ikuti, di mana Brasil dan Chile tiga kali berhadapan di 16 besar dan selalu meraih kemenangan.

    Sumber: Squawka, OptaJohan, William Hill

    10 dari 10 halaman

    Eksklusif Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer