Sukses


    Erick Thohir Ungkap Perkembangan Proses Naturalisasi 3 Pemain Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023

    Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, memberikan kabar terbaru terkait proses naturalisasi tiga pemain keturunan asal Belanda untuk Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

    Ketiga pemain untuk Timnas Indonesia U-20 itu ialah Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick. Erick Thohir mengatakan bahwa proses ketiganya masih nyangkut di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

    Erick Thohir baru saja menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI bersama anggotanya di Kantor PSSI, GBK Arena, pada Jumat (10/3/2023) sore WIB.

    Erick Thohir mengungkapkan Presiden Joko Widodo sampai menuliskan surat kepada DPR untuk memproses naturalisasi tiga pemain keturunan buat Timnas Indonesia U-20.

     

    2 dari 4 halaman

    Presiden Jokowi juga Membantu

    Erick Thohir bersama tiga anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI yaitu Rudi Yulianto, Arya Sinulingga, dan Eko Setyawan memberikan keterangan pers kepada media perihal update proses naturalisasi ketiga pemain yang akan memperkuat Timnas Indonesia U-20 itu.

    "Dalam rapat Exco PSSI juga dibahas terkait naturalisasi pemain muda. Suratnya sudah kami kirim," ujar Erick Thohir.

    "Pak Presiden juga sudah membuat tembusan ke DPR. Namun, DPR sedang reses. Rencananya pada 13 Maret 2023, kami mendorong ke DPR soal proses pemain naturalisasi," imbuh Erick Thohir.

    3 dari 4 halaman

    Hormati Jalannya Proses

    Erick Thohir meminta semua pihak untuk menghormati proses naturalisasi ketiga pemain yang akan memperkuat Timnas Indonesia U-20 itu, termasuk di DPR.

    "Seperti apa prosesnya, kami mengikuti," jelasnya.

    Naturalisasi ketiganya akan dibahas dalam Sidang Paripurna DPR. Setelahnya, Presiden Jokowi bakal menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) dan tahap terakhir adalah pengambilan sumpah di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

     

    4 dari 4 halaman

    Sempat Ada Polemik

    Sebelumnya, polemik terkait naturalisasi terjadi karena Justin Hubner dipanggil Timnas Belanda U-20 untuk uji coba dengan Timnas Prancis U-20 di Banus Football Center, Marbella, Spanyol pada 25 Maret 2023.

    Justin Hubner adalah bek Wolverhampton Wanderers U-21 yang bermain di Premier League 2 2022/2023 atau kompetisi U-21 di Liga Inggris.

    Justin Hubner lahir di Den Bosch, Belanda pada 14 Septeber 2003. Kakeknya berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan, sementara neneknya dari Bandung, Jawa Barat.

    Transfermarkt mendata bahwa Justin Hubner pernah membela Timnas Belanda U-19 sebanyak tujuh kali dalam uji coba dan Kualifikasi Piala Eropa U-19 pada 2021-2022.

    Justin Hubner juga sudah pernah bermain untuk Timnas Indonesia U-20. Palang pintu berkaki kidal ini bertanding dua kali pada turnamen Costa Calida Region de Murcia Football Week.

    Naturalisasi Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick adalah permintaan dari pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong demi menambah kualitas di Piala Dunia U-20 2023.

    Video Populer

    Foto Populer