Sukses


    Piala Dunia U-20 Urung Digelar di Indonesia, Bagaimana Nasib Shin Tae-yong?

    Bola.com, Jakarta - Shin Tae-yong ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia pada awal Januari 2020. Ia diberi tugas untuk menukangi Timnas Indonesia senior, U-23, dan U-20.

    Salah satu target utama yang diberikan kepada Shin Tae-yong adalah membawa Timnas Indonesia U-20 tampil bagus di Piala Dunia U-20 2023. Turnamenn yang awalnya akan diselenggarakan di Indonesia.

    Namun, status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 resmi dicabut oleh FIFA pada Rabu (29/3/2023) malam WIB. Situasi sepak bola Indonesia yang belum kondusif pasca-Tragedi Kanjuruhan menjadi satu di antara penyebabnya. 

     

    Kini posisi Shin Tae-yong di Timnas Indonesia pun dipertanyakan. Kontrak Shin bersama Tim Garuda akan rampung pada akhir 2023.

    "Jujur saya belum bisa menjawabnya karena belum ada yang dibicarakan mengenai perpanjangan kontrak," katanya kepada wartawan di Hotel Sultan, Kamis (30/3/2023) siang WIB.

    2 dari 3 halaman

    Fokus ke Tim Senior

    Shin Tae-yong menjelaskan saat ini akan mengalihkan semua fokus untuk menukangi Timnas Indonesia senior. Agenda terdekat yang akan dijalani Asnawi Mangkualam dkk. adalah FIFA Matchday pada Juni 2023.

    "Ada FIFA Matchday pada Juni dan ada lagi Piala Asia, Januari tahun depan," ujar Shin.

    Shin Tae-yong memiliki ambisi besar. Ia ingin membawa Timnas Indonesia senior lolos ke Piala Dunia 2026.

    "Saya akan mempersiapkan Timnas senior biar bisa ikut Piala Dunia senior," katanya.

    3 dari 3 halaman

    Peluang Besar

    Piala Dunia 2026 akan berlangsung di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Peserta ajang tersebut akan bertambah dari 32 menjadi 48 tim.

    Jatah wakil Asia yang akan berlaga di Piala Dunia 2026 pun bertambah drastis. Kali ini ada 8,5 setengah tiket yang disediakan bagi wakil Asia.

    "Karena Piala Dunia berikutnya akan ada tiket di Asia itu 8,5 tiket ya. Ya saya akan berusaha agar bisa mencetak sejarah baru di ASEAN," tegasnya.

    Video Populer

    Foto Populer