Sukses


    Indonesia Batal Gelar Piala Dunia U-20 2023, Tiga Pemain Keturunan Tetap Tertarik Bela Tim Garuda

    Bola.com, Jakarta - Indonesia sudah dipastikan gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. FIFA memutuskan untuk mencoret Indonesia sebagai tuan rumah turnamen usia muda yang berngengsi tersebut. 

    Setelah itu, lalu timbul pertanyaan. Bagaimana nasib naturalisasi tiga pemain keturunan, Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick, yang awalnya diproyeksi tampil di Piala Dunia U-20 2023? Apakah mereka masih tertarik membela Timnas Indonesia U-20?

    Belakangan, Justin Hubner bahkan sudah mendapatkan panggilan dari Timnas Belanda U-20. Ia bahkan menjadi pemain inti di skuad Oranye Muda dalam beberapa laga uji coba. 

    Utusan PSSI untuk urusan naturalisasi pemain keturunan, Hamdan Hamedan angkat bicara. Hamdan menegaskan tiga pemain di atas masih sangat tertarik membela Timnas Indonesia U-20. 

    "Bagi yang nanya apakah trio Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner masih ingin membela Timnas Indonesia, jawabannya iya," ujar Hamdan melalui Instagram, Selasa (4/4/2023).

    2 dari 3 halaman

    Bukan Hanya Karena Piala Dunia U-20

    Hamdan Hamedan kemudian menyatakan Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick sangat serius ingin membela Timnas Indonesia U-20. Bukan hanya karena Indonesia sebelumnya terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. 

    Hamdan menyebut ketiganya sudah memiliki jiwa Garuda yang kuat. Ketertarikan untuk membela panji Merah-Putih pun disebut masih tertanam sampai saat ini. 

    "Ini membuktikan keseriusan mereka tidak hanya karena Indonesia awalnya adalah tuan rumah Piala Dunia U-20. Namun, juga karena dalam dada mereka sudah Kita Garuda," tegas Hamdan.

    3 dari 3 halaman

    Disetujui DPR RI

    Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yang digelar pada Selasa (21/3/2023) telah menyetujui naturalisasi tiga pemain keturunan asal Belanda untuk Timnas Indonesia U-20.

    "Persetujuan terhadap permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia dilanjutkan dengan pengambilan keputusan," ujar Ketua DPR sekaligus pemimpin sidang paripurna, Puan Maharani di YouTube DPR RI.

    Namun, dalam waktu dekat Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick masih belum bisa memperkuat Timnas Indonesia U-20. Setelah Piala Dunia U-20 2023 dibatalkan, Timnas Indonesia U-20 pun dibubarkan oleh PSSI. 

    Video Populer

    Foto Populer