Sukses


    Hokky Caraka: Pemain Timnas Indonesia U-20 Tidak Takut Mati di Lapangan!

    Bola.com, Jakarta - Penyerang Timnas Indonesia U-20, Hokky Caraka memiliki penilaian tersendiri mengenai rekan setimnya di skuad Garuda Nusantara. Hokky merasa, para pemain Timnas Indonesia U-20 memiliki jiwa petarung yang luar biasa.

    "Pemain Timnas Indonesia U-20 tidak takut mati," ujar Hokky Caraka dalam podcast di kanal Youtube, Deddy Corbuzier, Selasa (04/04/2023).

    Hokky Caraka memiliki alasan khusus mengapa para pemain Timnas Indonesia U-20 mau melakukan itu. Sebab sang pelatih, Shin Tae-yong bisa saja memberikan menu latihan yang lebih berat kepada para pemain jika mereka tidak bekerja keras dalam sebuah pertandingan.

    "Soalnya kalau kita tidak lari di lapangan kita bisa mati sama pelatih sendiri. Jadi setiap bertanding itu habis-habisan. Kalau bisa di cek GPS sekarang data pemain itu gede-gede," jelasnya.

    "Menurut coach Shin, jika fisik pemain jelek, fokus pemain kurang. Sepak bola kan harus membutuhkan fokus penuh," lanjut Hokky.

    2 dari 3 halaman

    Masih Bermimpi Berlaga di Luar Negeri

    Hokky Caraka sempat merasakan bermain di Inggris. Ia memang sempat mengikuti program Garuda Select beberapa tahun lalu.

    Pengalamannya bermain di luar negeri itu memberikan perspektif lain dalam pikiran Hokky Caraka. Pemain kelahiran, Gunungkidul, Derah Istimewa Yogyakarta itu masih memiliki cita-cita bermain di luar negeri di masa depan.

    "Cita-cita sih ingin main di luar negeri sampai gantung sepatu. Setelah berangkat ke Inggris itu sudah punya niat itu," kata Hokky Caraka.

    "Liga di sana jelas, lebih besar. Dari seluruh negara menjadi satu tim, jadi kita bisa banyak ilmu," sambungnya.

    3 dari 3 halaman

    Perbaiki Mental Bertanding

    Hokky Caraka merasa pemain Timnas Indonesia U-20 memiliki perkembangan yang bagus. Namun, ada satu hal yang tampaknya masih menjadi masalah fundamental bagi kebanyakan pemain muda Indonesia.

    "Mental, ada saya terkadang juga kena mentalnya," ujar Hokky.

    Pemain berusia 18 tahun itu pun memberikan contoh bagaimana kondisi pemain Timnas Indonesia U-20 ketika menghadapi tim-tim dari luar negeri dengan nama dan reputasi yang besar.

    "Misalnya kalau melawan tim luar itu sudah deg-degan, tapi kami mencoba mikir mencoba bikin santai saja," tandas Hokky.

    Video Populer

    Foto Populer