Sukses


    Mengenang Tim Terbaik ala Bima Sakti saat Menjuarai Piala AFF U-16 2022: Bisa Dipakai di Piala Dunia U-17 2023?

    Bola.com, Jakarta - Bima Sakti resmi menjadi pelatih Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023. Sayangnya, penunjukkan Bima mendapat respons yang kurang baik dari netizen.

    Banyak dari mereka yang meragukan kualitas Bima Sakti. Eks gelandang andalan Timnas Indonesia itu dinilai masih belum layak bersaing di turnamen level dunia.

    Meski demikian, Bima Sakti sebenarnya tak perlu terlalu berkecil hati. Ia punya sejarah yang bagus bersama tim junior Indonesia. Bima adalah pelatih kepala ketika Timnas Indonesia U-16 menjadi juara Piala AFF U-16 2022.

    Saat itu tak sedikit pihak yang meragukan skuad asuhan Bima Sakti. Namun, Muhammad Iqbal Gwijangge pada akhirnya bisa meraih gelar juara pada Piala AFF U-16 yang digelar di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

    Pada final yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Timnas Indonesia U-16 menang 1-0 atas sang rival, Vietnam, berkat gol dari Kafiatur Rizky.

    2 dari 4 halaman

    Atraktif dan Efektif

    Tim asuhan Bima Sakti bermain sangat atraktif dan efektif pada Piala AFF U-16 2022. Timnas Indonesia U-16 menjadi tim tertajam sepanjang turnamen dengan 15 gol.

    Selain itu, Timnas Indonesia U-16 juga bisa bermain efektif dan keluar dari tekanan. Misalnya pada final, tim asuhan Bima Sakti itu tetap tampil tenang, meski mengusung beban harus juara di hadapan puluhan ribu pendukung sendiri.

    Dua pemain cepat, Nabil Asyura dan Riski Afrisal memegang peran penting dalam permainan Timnas Indonesia U-16 saat itu. Dua pemain tersebut bisa dikatakan sebagai poros serangan utama Garuda Asia.

    3 dari 4 halaman

    Lini Belakang Impresif

    Selain tajam di depan, Timnas Indonesia U-16 pada Piala AFF U-16 2022 juga sangat sulit ditembus di lini belakang. Sepanjang turnamen, hanya ada dua gol yang bersarang di Tim Garuda Asia.

    Keberadaan Iqbal Gwijangge sebagai jenderal di lini belakang sangat terasa. Pemain ini layaknya Virgil van Dijk di Liverpool. Tenang dalam menguasai bola dan tak panik ketika menghadapi situasi satu lawan satu.

    Sulthan Zaky yang menjadi tandem Iqbal juga tampil solid. Pemain satu itu punya keunggulan dalam duel bola-bola atas.

    Andrika Fathir juga layak mendapatkan apresiasi. Ia tampil apik meski awalnya bukan sebagai kiper pilihan utama di Piala AFF U-16 2022.

    Memiliki kualitas yang mumpuni dan terus berkembang, nama-nama tersebut sangat layak membela Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

    Namun, dengan persiapan yang kurang dari lima bulan dan bersua lawan-lawan yang lebih tangguh, Tim Garuda Asia kudu dipersiapkan dengan semaksimal mungkin demi bisa bersaing di turnamen tersebut. 

    4 dari 4 halaman

    Tim Terbaik Bima Sakti di Piala AFF U-16 2022

    Kiper: Andrika Fathir Rachman

    Belakang: Rizdjar Nurviat Subagja, Sulthan Zaky, Iqbal Gwijangge (C), Habil Abdillah

    Tengah: Figo Dennis Saputrananto, Muhammad Kafiatur Rizky, Achmad Zidan Arrosyid, Riski Afrisal

    Depan: Arkhan Kaka, Nabil Asyura

    Video Populer

    Foto Populer