Sukses


    Jelang Piala Dunia U-17 2023: Pintu Sisi Barat JIS Akan Dibongkar Supaya Bus Pemain Bisa Masuk

    Bola.com, Jakarta - Jakarta International Stadium (JIS) menjadi satu dari beberapa stadion yang disiapkan untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-17 2023.

    JIS bisa dikatakan sebagai stadion baru. Namun, stadion yang terletak di Jakarta Utara itu memerlukan banyak pembenahan agar bisa digunakan di Piala Dunia U-17 2023. 

    Satu di antaranya adalah akses untuk bus pemain yang dinilai kurang layak. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono pun menyatakan pemerintah pusat akan melakukan perbaikan dalam hal itu.

    Kementerian PUPR akan melakukan pembongkaran terhadap pintu yang ada di sisi barat Jakarta International Stadium. Sehingga nantinya bisa diakses dengan mudah oleh bus pemain.

    "Ini adalah akses bus, yang nanti akan dipakai untuk bus besar para pemain dan ofisial, kondisi sekarang bus tak bisa masuk sini, karena ada di sana pintu itu, itu akan dibongkar supaya bus bisa masuk," ujar Basuki, di JIS, Selasa (4/7/2023) siang.

    2 dari 3 halaman

    Harus Dibongkar

    Basuki Hadimuljono menyatakan akses untuk bus pemain itu juga perlu dilebarkan, agar bus besar untuk pemain atau ofisial bisa masuk ke dalam JIS. Akses bus pemain ini jadi salah satu yang disorot agar memenuhi standar FIFA.

    Pintu untuk ticketing penonton juga menjadi perhatian bagi Basuki Hadimuljono. Pintu ticketing itu bisa jadi akan ikut dibongkar.

    "Ini mohon maaf, jadi kondisi sekarang bus tak akan bisa masuk sini. Nanti pemain masuk sini, lift diblok untuk pemain, bus besar. Kondisi sekarang tak bisa masuk karena ada pintu tiket di sana. Jadi harus dilebarkan atau dibongkar," lanjut dia.

    3 dari 3 halaman

    Bahaya

    Selain itu, akses untuk keluar dan masuk penonton di JIS saat ini dinilai kurang layak. Sebab, hanya ada satu akses untuk menuju JIS.

    "Akses ke stadion yang ada sekarang hanya ada satu. Menurut saya, ini bahaya, apalagi di lingkungan penduduk," kata Basuki.

    Basuki Hadimuljono kemudian mengatakan akan menambah lima akses lagi menuju JIS. Salah satunya dengan membangun jembatan penyeberangan.

    Sehingga nanti para penonton akan lebih nyaman. Mereka tidak perlu memutar terlalu jauh untuk bisa memasuki area JIS. Keamanan mereka juga bisa lebih terjaga.

    "Lima akses lagi baik dengan jembatan penyeberangan, karena kemarin pengalaman menurut Jakmania ada banyak yang parkir di Ancol sehingga kalau ke sini harus memutar. Jadi akan kita bangun jembatan supaya lebih cepat," ujar Basuki.

     

    Video Populer

    Foto Populer