Sukses


    Presiden Jokowi Hadir di Stadion Si Jalak Harupat, Pantau Kesiapan Menggelar Piala Dunia U-17 2023

    Bola.com, Bandung - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, melakukan pemantauan kesiapan Stadion si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (12/7/2023) untuk persiapan Piala Dunia U-17 2023 yang rencananya akan digelar November 2023.

    Didampingi Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Menpora RI Dito Aryotedjo, dan Menteri PUPR, Basuki Hadimulyono, orang nomor satu di Indonesia itu juga meninjau proses seleksi pemain yang dilakukan Bima Sakti untuk tim yang akan berlaga di Piala Dunia U-17 2023.

    "Saya datang ke Stadion si Jalak Harupat, di Kabupaten Bandung Provinsi Jabar, yang pertama tujuannya untuk melihat renovasi Stadion si Jalak Harupat yang telah selesai dilakukan oleh kementrian PUPR," jelas Jokowi.

    "Kemudian yang kedua saya juga ingin melihat dan meninjau proses seleksi pemain untuk Piala Dunia U-17 2023," lanjut Jokowi.

    2 dari 4 halaman

    Proses Renovasi Selesai

    Jokowi mengaku senang proses renovasi telah selesai meski masih ada yang harus diperbaiki. FIFA sempat melakukan pengecekan untuk kesiapan Piala Dunia U-20. Namun, akan ada proses ulang lagi dari FIFA untuk persiapan Piala Dunia U-17 2023.

    "Yang sudah diperbaiki baik seat kemudian rumputnya, lampunya, toiletnya, tempat ganti pakaian, akses keluar dan masuk stadion, maupun keluar dan masuk Si Jalak Harupat, semuanya detil dilakukan oleh kementerian PUPR," kata Jokowi

    "Dan untuk Piala Dunia U-20 kemarin ini sudah layak dipakai, tapi untuk Piala Dunia U-17 masih ada proses perbaikan lagi karena memang ini beda. Jadi mungkin jahit rumputnya tetap dilakukan," tambah Jokowi.

    3 dari 4 halaman

    FIFA yang Menentukan

    Jokowi belum bisa memastikan apakah Si Jalak Harupat akan menjadi tempat pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023. Itu semua akan ditentukan oleh FIFA.

    "Yang menentukan layak dan tidaknya FIFA, bukan Presiden. Tugas kita hanya menyiapkan, memperbaiki, merenovasi. Kalau sudah FIFA ke sini siap, ya berarti itu layak," kata Jokowi.

    Untuk persiapan Piala Dunia U-17 nanti kata Jokowi ada enam sampai delapan stadion yang direkomendasikan pemerintah Indonesia kepada FIFA.

    "Nanti ada proses pengecekan oleh FIFA, yang mana yang akan ditentukan sehingga yang menentukan sekali lagi adalah FIFA, kami hanya menyiapkan saja. Target kita bisa masuk penyisihan, syukur bisa masuk final, syukur bisa juara," ucap Jokowi.

    4 dari 4 halaman

    Proses Seleksi

    Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengaku senang untuk persiapan Piala Dunia U-17 2023, di mana akan dilakukan proses seleksi pemain di 10 kota, salah satunya di Bandung.

    "Saya tanya coach Bima Sakti, yang diseleksi hari ini ada 187 pemain dan akan diambil berapa saya enggak tahu. Kalau bagus semua ya diambil 187," soloroh Jokowi sambil tersenyum.

    Jokowi harus memberikan apresiasi kepada PSSI yang memberikan kesempatan kepada anak-anak muda untuk bisa ikut berpartisipasi di Piala Dunia U-17.

    "Saya kira manajemen di bawah PSSI dan di bawah Pak Erick Thohir ada sebuah perubahan total sehingga saya ingin melihat. Saya kira itu yang ingin saya sampaikan," tutur Jokowi.

    Video Populer

    Foto Populer