Sukses


    Kualifikasi Piala Dunia 2026: Cetak Brace, Neymar Rontokkan Rekor Pele sebagai Top Scorer Brasil Sepanjang Masa

    Bola.com, Jakarta - Neymar melampaui Pele sebagai pencetak gol terbanyak Brasil sepanjang masa berkat dua golnya pada babak kedua dalam kemenangan 5-1 atas Bolivia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Sabtu (9/9/2023) pagi WIB.

    Neymar melangkah menuju duel melawan Bolivia dengan koleksi 77 gol, yang merupakan rekor bersama dengan Pele. Ia mendapat peluang gemilang untuk memimpin pada menit ke-17 saat Brasil mendapat hadiah penalti.

    Namun tendangan penaltinya dengan mudah diselamatkan oleh kiper Bolivia Guillermo Viscarra untuk menjaga pertandingan tetap tanpa gol.

    Momen Neymar yang masuk dalam buku sejarah terjadi pada menit ke-61 saat ia memanfaatkan bola lepas di dalam kotak penalti dan mencetak golnya yang ke-78 dalam pertandingannya yang ke-125 untuk Brasil.

    Neymar menambah jumlah golnya, memanfaatkan umpan mendatar dari Raphinha di masa tambahan waktu untuk melengkapi kemenangan dan malam yang tak terlupakan bagi sang penyerang.

    Pele, yang meninggal pada Desember 2023 dalam usia 82 tahun, mencetak 77 gol untuk Brasil dalam 92 penampilan antara tahun 1957 dan 1971.

     

    2 dari 3 halaman

    Idola Semua Orang

    Kemenangan tersebut merupakan awal yang sempurna bagi pelatih baru Fernando Diniz, yang mengambil alih posisi Tite setelah Selecao tersingkir di perempat final Piala Dunia tahun lalu.

    Diniz memberikan penghormatan kepada Neymar, yang perannya dalam skuad sedang mendapat sorotan.

    "Banyak yang tidak tahu apa yang akan dia lakukan, dan dia datang untuk melakukan apa yang dia lakukan, bersenang-senang, mencetak dua gol, dan memecahkan rekor," katanya.

    "Dia adalah idola yang sangat besar, orang-orang harus mengenalinya dan menerimanya," tambahnya.

     

    3 dari 3 halaman

    Tidak Cuma Bikin Gol

    Masih pada laga yang sama, Neymar juga berperan dalam gol ketiga Brasil. Umpan cerdas dari Neymar dibelokkan oleh Bruno Guimaraes ke arah Rodrygo yang dengan percaya diri mencetak gol.

    Brasil memimpin berkat Rodrygo yang bereaksi cepat untuk mencetak gol setelah tembakan dari Raphinha ditepis oleh Viscarra.

    Brasil menggandakan keunggulan mereka setelah turun minum ketika Raphinha memotong dari kiri dan tembakan mendatarnya sedikit terdefleksi saat melayang ke sudut bawah.

    Sumber: TNS

    Video Populer

    Foto Populer