Sukses


    Piala Dunia U-17 2023 Tinggal Hitungan Hari, Stadion Si Jalak Harupat Sudah Siap

    Bola.com, Bandung - Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, masih terus melakukan pembenahan untuk persiapan Piala Dunia U-17 2023 yang akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

    Stadion Si Jalak Harupat sendiri merupakan tempat gelaran Grup D dan F Piala Dunia U-17 2023, di mana laga pertama di stadion ini akan digelar pada 11 November 2023.

    Menurut pantauan Bola.com, Senin (6/11/2023), stadion milik Pemerintah Kabupaten Bandung terlihat sudah cukup siap meski masih dalam pembenahan pihak penyelenggara.

    Pintu masuk penonton, akses masuk tim sudah terpasang, hingga pernak-pernik berbau Piala Dunia U-17 pun menghiasi setiap sudut Stadion Si Jalak Harupat berkapasitas 28 ribu penonton itu.

    Bahkan sejumlah wartawan dan pihak keamanan serta berbagai pihak yang terlibat mulai melakukan pengambilan ID Card peliputan untuk Piala Dunia U-17 2023.

    ====

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    <p>Piala Dunia U-17 - Ilustrasi Logo Piala Dunia U-17 (Bola.com/Salsa Dwi Novita)</p>

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-17 2023 menayangkan pertandingan-pertandingan penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda kelas dunia di Indosiar, SCTV, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati juga berita-berita eksklusif Piala Dunia U-17 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    2 dari 3 halaman

    Melakukan Pengujian

    Tak hanya itu, lima hari jelang pertandingan pertama Piala Dunia U-17 2023 di Bandung, pihak panitia melakukan serangkaian pengujian di Stadion Si Jalak Harupat, salah satunya terkait Sistem Proteksi Kebakaran.

    Pengujian tersebut dilakukan oleh Tim Bidang Pencegahan Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Bandung.

    Kepala Disdamkar Kabupaten Bandung, Iman Irianto, mengatakan pengujian ini dilakukan untuk mengevaluasi kesiapan dan kinerja sistem proteksi kebakaran yang terpasang di Stadion Si Jalak Harupat.

    Selain itu memastikan bahwa penyelenggaraan Piala Dunia sudah siap jika menghadapi keadaan darurat. 

    Pengujian yang dilakukan mencakup pengujian alat pemadam api ringan (APAR), sistem alarm, detektor, dan sistem hydrant di seluruh stadion. 

    “Kami mulai menguji dengan pemeriksaan visual APAR yang memastikan ketinggian dan penempatan APAR sesuai dengan standar keamanan," jelas Iman Irianto di Bandung.

    "Selain itu, dilakukan pemeriksaan terhadap masa kadaluwarsa APAR yang ternyata masih cukup lama, yaitu hingga 2025,” lanjut Iman Irianto.

    3 dari 3 halaman

    Hasilnya Positif

    Iman mengaku hasil pengujian sarana penyelamatan jiwa menunjukkan bahwa tanda jalur evakuasi, tanda jalur keluar, dan tanda titik kumpul sudah terpasang. Namun, diperlukan peningkatan jumlahnya, terutama pada area koridor dan tangga.

    Adapun pengujian terhadap Hydrant System, diakui Iman sudah menunjukkan kinerja dan operasional pompa hydrant yang baik, dengan kapasitas pompa utama sebesar 750 GPM dan tekanan air yang memadai.

    “Pengujian sistem alarm dan detektor juga memberikan hasil positif. Semua alarm smoke detectorheat detector, dan manual call point berfungsi dengan baik dan sesuai,” sebut Iman.

    Dengan hasil pengujian tersebut, Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, dapat dipastikan aman dari risiko kebakaran dan siap menyambut Piala Dunia U-17 2023.

    Video Populer

    Foto Populer