Sukses


    Argentina Menuju Hegemoni Sepak Bola: Seniornya Juara Piala Dunia di Qatar, Tim U-17 Bisa Jadi yang Terbaik di Indonesia

    Bola.com, Jakarta - Timnas Argentina U-17 tampaknya benar-benar berada di jalur meniru senior-seniornya untuk menjadi yang terbaik di dunia. Setelah Lionel Messi dkk. berhasil menjuarai Piala Dunia 2022 di Qatar, kini Claudio Jeremías Echeverri dkk. berada di jalur untuk jadi juara Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

    Satu tahun yang lalu, publik sepak bola Argentina berpesta setelah Albiceleste berhasil menjadi yang terbaik di Piala Dunia 2022 di Qatar. Kalah di laga pertama fase grup, Lionel Messi dkk. bangkit dan terus meraih kemenangan hingga bertemu Prancis di laga final dan menjadi juara.

    Kala itu, Argentina dikejutkan oleh Arab Saudi di laga pertama Grup C Piala Dunia 2022. Gol penalti Lionel Messi pada menit ke-10 dibalas oleh gol Saleh Khalid Mohammed Al-Shehri pada menit ke-48 dan Salem Mohammed Shafi Al-Dawsari pada menit ke-53.

    Ketika Argentina lebih diunggulkan, kekalahan itu jelas sangat mengejutkan. Tren baru pun muncul, di mana penggemar Arab Saudi jemawa menyebutkan "Where is Messi?" setelah kemenangan di laga pertama Piala Dunia 2022 itu.

    ====

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    <p>Piala Dunia U-17 - Ilustrasi Logo Piala Dunia U-17 (Bola.com/Salsa Dwi Novita)</p>

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-17 2023 menayangkan pertandingan-pertandingan penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda kelas dunia di Indosiar, SCTV, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati juga berita-berita eksklusif Piala Dunia U-17 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

     
    2 dari 5 halaman

    Mental Juara

    Namun, Argentina bangkit dan dengan meyakinkan melangkah ke final. Menang identik 2-0 atas Meksiko dan Polandia pada dua laga fase grup berikutnya, Argentina kemudian menyingkirkan Australia, Belanda, dan Kroasia untuk berada di final.

    Argentina pun berhasil menjadi juara Piala Dunia 2022 setelah menang dramatis atas Prancis. Bermain imbang 3-3 dalam waktu 120 menit, Lionel Messi dkk. menjadi juara setelah menang 4-2 lewat drama adu penalti.

    Momen tersebut seakan menjadi puncak kesuksesan Argentina. Apalagi gelar juara itu seakan melengkapi kesuksesan mereka yang lebih dulu menjadi tim terbaik di Amerika Selatan dengan menjuarai Copa America 2021 di Brasil.

    Argentina saat ini berada di puncak ranking FIFA, mengungguli Prancis, Brasil, Inggris, dan Belgia, yang secara berurutan menempati posisi lima besar dunia.

    Menariknya, keberadaan Argentina di puncak ranking FIFA seakan memang terbukti kelayakannya dengan performa luar biasa Argentina U-17 di Piala Dunia U-17 2023 yang sedang berlangsung di Indonesia.

    3 dari 5 halaman

    Jejak Messi dkk. Bisa Diikuti Argentina U-17 di Piala Dunia U-17 2023

    Timnas Argentina U-17 baru saja memastikan diri lolos ke semifinal Piala Dunia U-17 2023 setelah membungkam Brasil dengan skor telak 3-0 di Jakarta International Stadium, Jumat (25/11/2023).

    Kemenangan besar atas rival Amerika Selatan mereka menjadi bukti bahwa tim junior Argentina ini juga layak untuk bisa menjadi juara pada akhir turnamen nanti. Apalagi perjalanan mereka selama di Indonesia terbilang luar biasa.

    Seperti halnya para seniornya, Argentina U-17 memulai Piala Dunia U-17 2023 dengan kekalahan. Mereka kalah 1-2 dari Senegal dengan lebih dulu tertinggal dua gol.

    Kalah dalam laga pertama Grup D Piala Dunia U-17 2023, Argentina pada akhirnya lolos ke 16 besar sebagai juara grup. Itu menjadi bukti bahwa Argentina tak menyerah begitu saja dan meraih kemenangan 3-1 atas Jepang dan 4-0 atas Polandia dalam dua laga fase grup berikutnya.

    Hegemoni Argentina U-17 di Piala Dunia U-17 2023 berlanjut di 16 Besar. Mereka menghabisi Venezuela dengan skor 5-0 dan harus menghadapi Brasil pada perempat final. Seperti dibahas tadi, Argentina menang 3-0 atas Brasil lewat hattrick yang dicetak oleh Echeverri.

    Kini Argentina U-17 akan menghadapi Jerman di semifinal Piala Dunia U-17 2023 yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Selasa (28/11/2023). Argentina U-17 hanya butuh dua langkah lagi untuk bisa menjadi penguasa dunia di kategori usia mereka dan menyamai prestasi para seniornya.

    4 dari 5 halaman

    Bakal Hadapi Prancis di Final Seperti Qatar 2022?

    Menariknya, final Piala Dunia 2022 di Qatar yang mempertemukan Argentina dan Prancis masih mungkin terjadi di Piala Dunia U-17 2023. Prancis masih akan memainkan laga perempat final melawan Uzbekistan pada Sabtu (25/11/2023).

    Jika Prancis mampu memenangi pertandingan tersebut, mereka akan berhadapan dengan pemenang antara Mali kontra Maroko di semifinal.

    Jalan Prancis pun terbuka untuk mencapai final, dan bukan tidak mungkin final Piala Dunia 2022 akan terulang di Piala Dunia U-17 2023.

    5 dari 5 halaman

    Penerus Messi Bakal Lahir

    Keberhasilan Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022 tidak lepas dari peran Lionel Messi yang mencetak 7 gol dan sempat bersaing dengan Kylian Mbappe untuk menjadi top scorer. Selain itu ada juga Julian Alvarez yang menceta 4 gol untuk Argentina di Qatar 2022.

    Sementara di Piala Dunia U-17 2023, Argentina punya banyak pencetak gol hebat. Kemenangan besar atas Polandia, Venezuela, dan Brasil, membuktikan bahwa anak-anak muda tim Tango ini bakal menjadi aset masa depan sepak bola Argentina, dan bukan tidak mungkin menjadi penerus Lionel Messi.

    Sejauh ini ada enam pemain yang sudah mencetak gol bagi tim Argentina U-17 di Piala Dunia U-17 2023. Dua di antaranya kini menjadi calon top scorer, yaitu Claudio Echeverri yang sukses mencetak hattrick ke gawang Brasil, dan Agustin Ruberto yang selalu mencetak gol sejak pertandingan pertama fase grup hingga 16 besar.

    Kedua pemain muda ini menjadi tulang punggung Argentina dalam mendapatkan pundi-pundi gol. Melihat kecemerlangan keduanya, bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun ke depan, mereka bisa menjadi penerus Lionel Messi di tim senior Albiceleste.

    Video Populer

    Foto Populer