Sukses


    Rumput JIS Disebut yang Terbaik ketimbang 3 Stadion Piala Dunia U-17 2023

    Bola.com, Jakarta - Rumput Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, dianggap yang terbaik daripada tiga stadion lainnya di Piala Dunia U-17 2023.

    Ketiga stadion yang juga menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 itu adalah Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Stadion Manahan, Solo, dan Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

    Rumput JIS sempat disorot karena menghitam sepanjang Piala Dunia U-17 2023. Selain itu, lapangannya juga tergenang ketika menyelenggarakan babak perempat final antara Timnas Brasil U-17 kontra Timnas Argentina U-17 karena diguyur hujan yang sangat deras.

    Akibatnya, kick-off perlu diundur selama 30 menit. Usut punya usut, penyebabnya bukan karena lapangan tergenang, melainkan lantaran cuaca esktrem.

    2 dari 4 halaman

    Paling Banyak Gelar Pertandingan

    Rumput JIS memang mengalami perombakan. Untuk menyelenggarakan Piala Dunia U-17 2023, alas dari venue berkapasitas 82 ribu tersebut harus diganti setelah dicek FIFA pada beberapa waktu lalu.

    JIS juga menjadi stadion yang paling sering dipakai di Piala Dunia U-17 2023 dengan 16 pertandingan, disusul Stadion Manahan 14 partai, Stadion Si Jalak Harupat 14 laga, dan Stadion Gelora Bung Tomo delapan duel.

    Total 16 partai Piala Dunia U-17 2023 digelar di JIS selama 15 hari. Artinya, setiap hari JIS menyelenggarakan pertandingan. Jika dikomparasi, JIS memainkan jumlah laga yang sama dengan setengah musim kompetisi dalam jangka waktu 3-4 bulan.

    3 dari 4 halaman

    Koordinasi Lanjutan

    "Visibilitas rumput yang baru tiga pekan dipasang memang belum maksimal. Namun, pantulan dan aliran bola selama 16 partai di JIS merupakan yang terbaik ketimbang tiga venue Piala Dunia U-17 2023 lainnya," tulis Pitch Managemen FIFA dalam keterangannya.

    FIFA Pitch Management, yang memonitor dan mengawal JIS sejak awal hingga akhir turnamen, menilai bahwa sistem drainase sangat baik karena bisa cepat menyerap air dari intensitas hujan yang tinggi.

    "JIS dan FIFA Pitch Management juga sepakat terus melakukan koordinasi setelah Piala Dunia U-17 2023 agar ke depannya rumput yang dirawat dan dimonitor secara rutin oleh JIS dan FIFA juga melalui PSSI Pitch Management bisa menjadi venue yang siap dan lebih baik lagi," imbuhnya.

    4 dari 4 halaman

    Piala Dunia U-17 2023 di Emtek Group

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    <p>Piala Dunia U-17 - Ilustrasi Logo Piala Dunia U-17 (Bola.com/Salsa Dwi Novita)</p>

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-17 2023 menayangkan pertandingan-pertandingan penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda kelas dunia di Indosiar, SCTV, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati juga berita-berita eksklusif Piala Dunia U-17 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    Video Populer

    Foto Populer