Sukses


    Setelah Gelar 16 Laga Piala Dunia U-17 2023, JIS Siap Menyongsong Event Internasional Lain

    Bola.com, Jakarta - Piala Dunia U-17 2023 menyisakan pertandingan final yang akan digelar di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (2/12/2023). Tiga stadion lain, Gelora Bung Tomo Surabaya, Si Jalak Harupat Bandung, dan Jakarta International Stadium (JIS) juga sukses menggelar pertandingan-pertandingan sejak fase grup dengan lancar.

    Khusus di Jakarta, JIS menggelar 16 pertandingan Piala Dunia U-17 2023 sejak fase grup hingga perempat final. Ini adalah jumlah terbanyak yang digelar di antara semua stadion yang menjadi venue turnamen sepak bola usia muda FIFA itu.

    "Apa yang kami lakukan ini membentuk citra positif kepada Indonesia secara umum dalam menyelenggarakan berbagai event internasional," ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong.

    Menurut Usman, selain Gelora Bung Karno, kini Jakarta memiliki JIS sebagai stadion berstandar FIFA yang bisa menjadi venue untuk turnamen internasional lainnya, terutama sepak bola.

    Laga Piala Dunia U-17 2023 yang digelar di JIS mampu meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar, mulai dari penjualan suvenir, kuliner, hingga transportasi. Berbagai pertandingan yang melibatkan tim hebat di JIS menghadirkan antusiasme masyarakat yang besar.

    "Saya tidak memiliki data detailnya, tetapi sebagai gambaran ada beberapa teman yang kehabisan tiket untuk nonton. Itu pembelian tiketnya online, memperlihatkan ada antusias masyarakat untuk menonton pertandingan Piala Dunia U-17 2023 di JIS," ujar Usman.

    ====

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    <p>Piala Dunia U-17 - Ilustrasi Logo Piala Dunia U-17 (Bola.com/Salsa Dwi Novita)</p>

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-17 2023 menayangkan pertandingan-pertandingan penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda kelas dunia di Indosiar, SCTV, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati juga berita-berita eksklusif Piala Dunia U-17 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    2 dari 3 halaman

    Memenuhi Target dari FIFA

    Seperti dilansir dari panitia lokal (LOC) Piala Dunia U-17 2023, hingga babak 16 besar saja terjual 514 ribu tiket. Artinya jika sampai babak 16 besar ada 44 pertandingan, rata-rata keterisian stadion di setiap pertandingan adalah 11.681 orang, di atas target FIFA yang membidik 10 ribu penonton setiap pertandingan.

    Jumlah ini bisa bertambah mengingat pertandingan perempat final, semifinal, perebutan tempat ketiga, dan final Piala Dunia U-17 2023 belum dihitung.

    JIS yang menggelar 16 pertandingan, diperkirakan mendapatkan 180 ribu penonton sepanjang menggelar pertandingan di Piala Dunia U-17 2023. Usman menegaskan Piala Dunia U-17 2023 memang menjadi momentum penting bagi Indonesia untuk bisa mengadakan dan membangun stadion berstandar FIFA.

    Keberadaan stadion bertaraf internasional akan turut memompa semangat pengembangan sepak bola Indonesia melalui beragai turnamen.

    3 dari 3 halaman

    Respons Positif

    Setyawatie Wina, anggota tim informasi Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta International Stadium, menyatakan sejauh ini respons terhadap turnamen FIFA di JIS sangat positif.

    Apalagi banyak tim peserta yang menyanjung kemegahan stadion dan meriahnya pertandingan-pertandingan yang dijalani tim besar.

    Bagi penonton, kehadiran tim besar seperti menjadi obat kerinduan untuk melihat tim hebat bertanding. Apalagi tidak sedikit pemain yang juga berkarier di klub elite Eropa.

    Belum lagi keramahan dan dukungan penonton dari Indonesia yang juga membuat pelatih, pemain, dan ofisial merasa betah. Penonton asing pun terkesan dengan keramahan itu.

    Masyarakat memang sangat antusias ketika Piala Dunia U-17 2023 digelar. Mereka mematuhi larangan memanfaatkan event untuk sembarangan berdagang di sekitar stadion agar kelancaran akses menuju stadion terjaga.

    "Ini memberikan citra bagus bagi Jakarta. Apalagi Jakarta merupakan satu-satunya daerah yang mempertandingkan laga terbanyak di turnamen kelompok usia paling bergengsi di dunia ini," ujar Setyawatie.

    Menurutnya, gelaran Piala Dunia U-17 2023 di JIS telah memantik semangat anak muda bermain sepak bola. Banyak Sekolah Sepak Bola yang belajar mengelola pemain.

    “PSSI juga turut belajar mengelola kompetisi level tinggi dengan standar FIFA,” kata Setyawatie.

    Ia pun berharap JIS nantinya bisa dimanfaatkan sebagai venue berbagai event internasional, termasuk di luar olahraga.

    Video Populer

    Foto Populer