Sukses


    All Out, PLN Siapkan 5 Lapis Pasokan Listrik untuk Final FIFA World Cup U-17 di Stadion Manahan Solo

    Bola.com, Surakarta PT PLN (Persero) telah menyiapkan personil khusus dan infrastruktur berkualitas untuk memastikan keandalan pasokan listrik pada partai Final FIFA World Cup U-17 di Stadion Manahan Solo pada Sabtu (2/12/2023). Pada pertandingan final yang mempertemukan Tim Nasional Jerman melawan Tim Nasional Prancis tersebut, PLN menyiapkan 5 lapis pasokan listrik.

    Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN berkomitmen untuk menyukseskan gelaran FIFA World Cup U-17. Dari sejak persiapan, seluruh pertandingan di fase grup, seluruh pertandingan di fase gugur, PLN telah mendukung penyelenggaraannya secara maksimal. Hal serupa juga akan PLN terapkan untuk gelaran final dan penutupan di Stadion Manahan.

    “PLN akan all out memastikan listrik untuk gelaran partai final piala dunia U-17 ini. Sehingga kebesaran nama Indonesia akan semakin dikenal dunia dan meyakinkan dunia bahwa Indonesia siap menggelar ajang-ajang olahraga internasional serupa,” ujar Darmawan.

    2 dari 4 halaman

    PLN Terjunkan Tim Khusus Keandalan Listrik Laga Final

    General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Mochamad Soffin Hadi mengatakan, pihaknya menerjunkan tim khusus untuk memastikan keandalan listrik partai final. 

    Langkah ini tentunya semakin menguatkan skema pengamanan 5 lapis pasokan yang didukung oleh Uninterruptible Power Supply (UPS), 3 sumber penyulang kelistrikan, dan genset sebagai lapis terakhir.

    “Kami melakukan inspeksi instalasi kelistrikan stadion secara menyeluruh pada panel kelistrikan di seluruh area Stadion Manahan, dan kelistrikan tersebut juga dipantau langsung keandalannya oleh personel kami," ujarnya.

    Selain itu, pihaknya juga mengantisipasi semua instalasi penunjang tetap aman sekalipun turun hujan.

    "Kita juga cek instalasi penunjang seperti untuk Video Assistant Referee (VAR), Air Conditioner, dan titik stop kontak yang berpotensi korsleting sebab terkena air hujan,” ujarnya.

    3 dari 4 halaman

    PLN Siagakan Mobile Electricity Distribution Command Post 

    Untuk mengawasi area Stadion Manahan seluas 170.000 meter persegi, PLN menempatkan Mobile Electricity Distribution Command Post sebagai posko kendali. Posko ini untuk memantau seluruh kegiatan operasi kelistrikan dari hulu hingga stadion utama dan lapangan latihan.

    Sebagai informasi, Stadion Manahan Solo menggunakan lampu LED berkekuatan tinggi dengan sistem penerangan field of play (FOP) 1.500 lux dan dapat dioptimalkan hingga sebesar 2.400 Lux. Dalam keadaan pertandingan kelas dunia seperti Piala Dunia ini, operasional stadion membutuhkan daya kelistrikan sebesar 3.580 KiloWatt.

    4 dari 4 halaman

    PLN Buka Booth di Area Stadion

    Selain menjaga keandalan listrik, PLN membuka booth di sekitar area Stadion Manahan untuk menyemarakkan gelaran FIFA World Cup U-17. Berbagai permainan seru disediakan untuk seluruh penonton gelaran FIFA World Cup U-17.

    “Seluruh penonton bisa mengikuti permainan yang disediakan di area booth PLN. Terdapat berbagai souvenir menarik, silahkan kunjungi booth PLN,” pungkas Soffin.

     

    (*)

    Video Populer

    Foto Populer