Sukses


MotoGP Argentina: Yamaha Jeblok di FP2, Rossi Salahkan Trek Kotor

Bola.com, Buenos Aires - Dua pebalap Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, tampil buruk pada sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Rondo, Sabtu (2/4/2016) dini hari WIB. Rossi pun menuding kondisi trek yang kotor sebagai biang keladi keterpurukan duo Yamaha.

The Doctor menjadi pebalap Yamaha dengan catatan waktu terbaik pada FP2, yaitu 1 menit 42,565 detik. Dia menempati posisi ketujuh, jauh di belakang seterunya, Marc Marquez, yang berhasil membukukan catatan waktu lap tercepat, yaitu 1 menit 41,579 detik.

Rekan setim Rossi, Jorge Lorenzo, bahkan tercecer jauh di posisi ke-14. Hasil ini jelas mengejutkan karena pada balapan pembuka MotoGP 2016 di Sirkuit Losail, Qatar, pebalap berjuluk X-Fuera itu berhasil naik podium tertinggi.

Rossi menilai buruknya performa Yamaha tak lepas dari kondisi trek yang licin dan kotor. Situasi tersebut disebutnya sangat menguntungkan Honda yang punya karakteristik bisa tampil baik dalam kondisi trek yang sulit. The Doctor berharap Yamaha bisa memangkas gap dengan Honda segera setelah sirkuit dibersihkan.

“Ini hari yang sulit bagi semua pebalap, karena lintasan sangat licin dan sangat kotor, terutama pada pagi hari. Pada siang hari kondisinya lebih baik, tapi kami masih mengalami masalah,” kata Rossi, seperti dilansir Motorsport.

“Honda sangat kuat, sedikit lebih cepat daripada kami. Bukan hanya dua motor pabrikan (yang dikendarai Marc Marquez dan Dani Pedrosa), tapi juga (pebalap tim satelit) Jack Miller dan Cal Crutchlow. Biasanya pada lintasan yang lebih baik (bersih), Yamaha lebih cepat. Jadi, sepertinya dengan kondisi trek yang bersih, kami bisa lebih dekat (dengan Honda),” beber juara dunia sembilan kali tersebut.

Ramalan cuaca di Argentina menunjukkan hujan bakal turun pada Sabtu ini. Rossi meyakini hujan akan menyulitkan Yamaha. Oleh karena itu, dia berharap cuaca tetap cerah pada saat kualifikasi maupun balapan.

“Kami berharap cuacanya bagus. Jika hujan turun, bakal berimbas besar ke sesi kualifikasi. Tetapi, jika kemudian Minggu (3/4/2016) cerah, Anda akan mengawali balapan dengan kondisi seperti hari ini,” ujar Rossi.

“Cuaca yang berubah-ubah bakal jadi masalah. Jika besok (hari ini) hujan dan Minggu kering, trek bakal sangat licin. Jadi lebih baik lintasan tetap kering,” tegas Valentino Rossi.

Video Populer

Foto Populer