Sukses


MotoGP Prancis: Ini Penyebab Rossi Terpuruk pada FP2

Bola.com, Le Mans - Valentino Rossi tampil kurang maksimal pada dua sesi latihan bebas awal MotoGP Prancis, Jumat (6/5/2016). Stabilitas motor menjadi masalah utama yang mengadang pebalap Yamaha itu di Le Mans.

Rossi mengakhiri sesi latihan bebas pertama (FP1) di posisi kelima. The Doctor semakin melorot ke peringkat ke-10 pada sesi latihan bebas kedua (FP2). Dia bahkan tertinggal 1,1 detik di belakang rekannya, Jorge Lorenzo, yang menjadi pebalap tercepat.

"Segalanya berjalan sulit bagi saya, baik pada sesi pagi maupun sore. Kami memulai dengan mencoba ide berbeda untuk setelan motor. Pada sesi pagi motor tak terlalu buruk, tapi kurang cepat," kata Rossi seperti dilansir Crash.

Rossi mengaku mencoba setelan motor lain pada sesi sore guna meningkatkan performa. Namun, masalah ban depan yang tak seimbang menimbulkan vibrasi sehingga membuat pebalap asal Italia itu malah kehilangan banyak waktu.

"Kami mencoba sesuatu yang berbeda, tapi sayangnya tak cukup untuk membuat peningkatan. Grip ban belakang hard juga kurang bagus. Akhirnya saya memakai ban soft dan performa saya jadi lebih baik. Namun, saya masih tetap sangat jauh dari pebalap teratas," ujar Rossi.

Akibat berbagai masalah yang mengadang, Rossi tak sempat mencoba ban baru (ban belakang soft) Michelin yang disiapkan khusus untuk lomba menyusul banyaknya kasus wheel-spin pada seri sebelumnya di Jerez, Spanyol.

"Kami tak punya waktu untuk mencobanya karena saya sangat lamban pada sesi pagi. Saya baru akan mencobanya pada sesi latihan bebas ketiga (FP3) MotoGP Prancis. Berdasarkan komentar pebalap lain yang sudah mencoba, ban baru Michelin itu lebih baik dibanding yang dipakai di Jerez," kata Valentino Rossi.

Video Populer

Foto Populer