Sukses


8 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Belimbing wuluh atau yang dikenal sebagai belimbing sayur merupakan buah tropis yang berasal dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buah ini termasuk dalam genus Averrhoa dalam keluarga Oxalidaceae.

Buahnya lonjong berwarna hijau kekuningan ini memiliki nama ilmiah Averrhoa bilimbi. Belimbing wuluh mengandung banyak air dan memiliki rasa asam yang kuat.

Air dalam belimbing wuluh memiliki konsentrasi asam oksalat cukup tinggi dan bermanfaat membersihkan dan memutihkan gigi dan kulit. Masyarakat Indonesia biasanya menggunakan belimbing wuluh untuk campuran sup, sambal, kari, dan lain sebagainya.

Tanaman belimbing wuluh bisa tumbuh di halaman rumah. Namun sayangnya masih banyak orang yang tidak sadar akan manfaat dari buah kecil dan asam ini. Di balik rasa asamnya, belimbing wuluh menyimpan banyak nutrisi penting bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 80 persen masyarakat Afrika dan Asia telah menggunakan belimbing wuluh untuk sebagai obat tradisional. Sejumlah penelitian membuktikan buah tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan perawatan kesehatan dan kecantikan.

Menurut Science Direct, belimbing wuluh mengandung nutrisi seperti protein, serta vtamin (A, C, dan B kompleks). Buah ini juga memiliki kandungan mineral seperti fosfor, kalsium, dan zat besi. Terlebih, belimbing sayur juga mengandung antiokidan dan zat besifat astringen.

Saking banyaknya nutrisi, sehingga tak heran jika belimbing wuluh juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan seperti berikut.

 

2 dari 3 halaman

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Sebagian besar orang memiliki risiko tekanan darah tinggi, khususnya orang dewasa. Gangguan ini bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti stroke, bahkan bisa mengancam nyawa.

Tak perlu khawatir, Anda bisa mengatasi tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi belimbing wuluh. Caranya, siapkan 2-3 buah belimbing wuluh dan dipotong menjadi dua bagian, kemudian rebus dengan tiga gelas air putih. Tunggu airnya mendidih hingga menyisakan satu gelas, lalu minum rebusan air tersebut dalam kondisi hangat. Lakukan cara ini setiap pagi hingga tekanan darah kembali normal.

2. Mengobati Diabetes

Menurut NCBI, belimbing wuluh terbukti ampuh mengobati diabetes atau kadar gula dalam darah terlampau tinggi. Caranya, Anda bisa membuat jus belimbing wuluh selepas makan. Jika tak kuat dengan rasa asamnya, Anda bisa meminum rebusan air belimbing wuluh dua kali sehari.

3. Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi

Gigi dan tulang akan semakin lemah seiring bertambahnya usia. Anda bisa mengonsumsi belimbing wuluh untuk dijadikan alternatif asupan kalsium bagi kekuatan tulang dan gigi.

Kandungan kalsium dalam belimbing wuluh terbilang cukup tinggi. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan fosfor untuk meningkatkan efektivitas mineral yang akan menambahkan kepadatan dan kekuatan pada gigi dan tulang.

4. Membantu Mengobati Batuk, Pilek, dan Demam

Sebagian banyak orang tentu pernah mengalami sakit seperti batuk, pilek dan demam. Anda bisa mengonsumsi rebusan buah belimbing wuluh untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan tersebut. Sebab, buah ini kaya vitamin C yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kecantikan

5. Ampuh Membasmi Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang bisa menurunkan tingkat percaya diri seseorang dalam berpenampilan. Ketika jerawat timbul, biasanya orang langsung melakukan berbagai cara untuk membasminya.

Anda bisa menggunakan belimbing wuluh untuk dijadikan obat jerawat secara alami dan aman tanpa efek samping. Buah ini mengandung asam oksalat yang bermanfaat mengurangi jerawat.

Caranya, bersihkan belimbing wuluh terlebih dahulu. Jika sudah bersih, haluskan atau blender buahnya untuk dijadikan masker wajah. Diamkan beberapa menit hingga mengering, lalu bilas dengan air bersih.

6. Mencerahkan Wajah

Selain jerawat, kulit kusam juga bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri. Anda bisa mengatasinya dengan memakai masker belimbing wuluh.

Kandungan vitamin C dalam belimbing wuluh mampu membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan bersinar. Selain itu, buah ini juga bisa mengurangi flek hitam dan menjaga kulit tetap kencang.

7. Mengecilkan Pori-pori

Buat yang memiliki masalah pada pori-pori yang besar, Anda bisa mencoba untuk menggunakan perawatan wajah dengan belimbing wuluh.

Anda bisa menggunakan belimbing wuluh sebagai masker wajah untuk membersihkan bakteri jahat yang menyumbat pori-pori. Sehingga, Anda bisa terhindar dari wajah berminyak.

Simak artikel terkait di sini.

8. Bikin Awet Muda

Kandungan vitamin C dan vitamin A dalam buah belimbing bersifat sebagai antioksidan yang mampu mengatasi radikal bebas penyebab penuaan dini. Kandungan mineral dan nutrisi lainnya dalam buah ini juga bermanfaat untuk mengurangi garis halus atau kerutan pada wajah, sehingga kulit akan terlihat lebih awet muda.

Sumber: Science Direct, NCBI

From Tokyo to New York, Cerita Dua Pegiat Lari Indonesia di Seri Maraton Dunia

Video Populer

Foto Populer