Sukses


8 Manfaat Mengunyah Permen Karet bagi Kesehatan, Bisa Kurangi Stres

Bola.com, Jakarta Mengunyah permen karet di waktu senggang menjadi aktivitas yang mengasyikan. Permen karet memang dirancang untuk dikunyah, bukan untuk ditelan.

Permen ini dibuat dengan mencampurkan pemanis dan perasa yang aman digunakan.

Dalam sebuah penelitian, manfaat mengunyah permen karet dapat mengurangi stres. Tindakan mengunyah yang telah dikaitkan dengan berkurangnya tingkat hormon stres yaitu kortisol. 

Selain gerakan mengunyah yang dapat mendatangkan manfaat, beberapa jenis permen karet juga kerap mengandung bahan yang bermanfaat bagi kesehatan gigi. Untuk mendapatkan manfaat mengunyah permen karet bagi kesehatan, Anda bisa memilih permen karet bebas gula.

Pada permen karet bebas gula mengandung kurang dari 5 kalori dan permen karet mengandung gula mengandung 10 kalori.

Jadi, selain menikmati sensasi kenyal saat dikunyah, Anda juga dapat menikmati ragam manfaat mengunyah permen karet. Berikut manfaat mengunyah permen karet yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/1/2020). 

 

2 dari 9 halaman

1. Mencegah Asam Lambung Naik

Penelitian Rebecca Moazzez dari Kings College di London, Inggris, menunjukkan mengunyah permen karet selama 30 menit setelah mengonsumsi makanan berlemak tinggi dapat mengurangi peluang asam lambung naik ke kerongkongan.

Mangunyah permen karet disinyalir dapat meningkatkan produksi asam liur yang membuat Anda lebih sering menelan dan membantu menetralisir pH lambung yang sifatnya asam. Namun, perlu diperhatikan tidak semua permen karet memiliki manfaat tersebut.

Dianjurkan untuk mengunyah permen karet bikarbonat rendah gula. Bikarbonat di sini bekerja dengan cara menetralkan asam naik ke kerongkongan. Di sisi lain, melansir dari Healthline, penderita GERD justru harus menghindari permen karet dengan rasa peppermint.

Ini karena rasa tersebut dapat membuka sfringter atau lingkaran otot kerongkongan bagian bawah yang menyebabkan asam lambung naik. 

3 dari 9 halaman

2. Mengurangi Stres dan Pertajam Ingatan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengunyah permen karet, tingkat stres seseorang dapat berkurang. Riset ini dilakukan kepada mahasiswa, dan dikatakan bahwa terjadi penurunan pada hormon penyebab stres yakni kortisol.

Studi juga menunjukkan mengunyah permen karet dapat meningkatkan fungsi otak. Hal ini dikarenakan saat mengunyah, aliran darah ke otak semakin lancar sehingga memaksimalkan kinerjanya.

Otak akan lebih mudah mengingat momen saat anda mengunyah permen karet, sehingga dianjurkan untuk makan saat sedang belajar atau ingin menghapal sesuatu. 

 

4 dari 9 halaman

3. Menyegarkan Bau Mulut

Manfaat mengunyah permen karet berikutnya adalah dapat menyegarkan bau mulut. Untuk mendapatkan manfaat ini, pastikan tidak mengonsumsi permen karet dengan rasa manis yang berlebih. Jika berlebih akan memberikan dampak buruk pada gigi, karena gula di dalamnya akan menjadi makanan bagi bakteri dalam mulut.

Untuk itu, konsumsilah permen karet yang mengandung bahan xylitol. Permen tersebut akan mencegah munculnya bakteri penyebab kerusakan gigi dan bau mulut. Permen karet yang dikonsumsi setelah makan dapat meningkatkan produksi air liur.

Peningkatan ini berpengaruh pada proses pencucian mulut oleh saliva. Gula-gula dan sisa makanan yang menjadi makanan bakteri akan tercuci jika terdapat banyak air liur di dalam mulut. 

5 dari 9 halaman

4. Membuat Gigi dan Gusi Lebih Sehat

Menurut Asosiasi Dokter Gigi Amerika, mengunyah permen karet efektif melawan plak dan memperkuat enamel gigi. Permen karet mengaktifkan produksi air liur yang bisa membersihkan gula, asam dan partikel makanan lainnya yang tertinggal di mulut.

Dengan sering mengunyahpermen karet, gigi kamu akan lebih sehat dan mengurangi risiko lubang di gigi. 

 

6 dari 9 halaman

5. Mengendalikan Nafsu Makan

Menurut penelitian, nafsu makan bisa dikendalikan dengan mengunyah permen karet. Puaskan keinginanmu untuk mengunyah makanan manis dengan mengunyah permen karet rasa stroberi ketimbang mengunyah sepotong kue stroberi dengan kalori yang puluhan kali lipat lebih besar.

Terkadang otak kamu hanya ingin merasakan sedikit saja untuk terpuaskan. 

7 dari 9 halaman

6. Membakar Kalori

Manfaat mengunyah permen karet lainnya adalah untuk penurunan berat badan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Mayo Clinic, mengunyah permen karet bisa membakar 1.000 kalori per jam.

Kalori ini mungkin tidak seberapa dibandingkan jika berolahraga, tapi tetap saja ini jauh lebih baik ketimbang hanya duduk diam tanpa melakukan apa-apa. 

 

8 dari 9 halaman

7. Meningkatkan Kewaspadaan

Manfaat mengunyah permen karet selanjutnya dapat meningkatkan kewaspadaan. Ketika mengantuk di tengah-tengah aktivitas, Anda bisa mengunyah permen karet untuk membuat tetap segar.

Mengunyah permen karet juga dapat membuat mood lebih baik. Menurut dokter, gerakan rahang mengunyah permen karet menstimulasi saraf dan memperlancar aliran darag. Ditambah dengan aroma mint yang efektif secara instan membantu meningkatkan mood.

  

9 dari 9 halaman

8. Membantu Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok memang sulit untuk dihentikan. Namun, permen karet dapat menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu melakukannya.

Mengunyah permen karet membuat mulut menjadi sibuk sehingga mengurangi keinginan untuk merokok.   

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis Nisa Mutia Sari/Editor Rizki Mandasari, published: 29/1/2020)

Video Populer

Foto Populer