Sukses


VIDEO: 6 Tips Bantu Anak Atasi Stress di Rumah Saja karena Pandemi Virus Corona / Covid-19

Bola.com, Jakarta - Kondisi berada di rumah atau sedang populer dengan istilah "di rumah aja" karena pandemi Virus Corona / Covid-19 bisa membuat anak-anak menghadapi stress. Apalagi anak-anak yang sudah terbiasa dengan rutinitas ke sekolah dan kegiatan-kegiatan di luar rumah. Apa yang harus dilakukan orang tua untuk membantu anak mengatas stress mereka?

Menurut WHO (World Health Organization), anak-anak bisa menjadi lebih manja, cemas, marah, gelisah, menarik diri, atau bahkan mengompol karena stress. WHO memberikan beberapa tips-tips sederhana yang bisa dilakukan oleh para orangtua.

Salah satu cara yang utama dilakukan adalah memberi kasih sayang, waktu, dan perhatian yang lebih kepada anak-anak saat di rumah. Saat ini adalah momen yang tepat menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak. Momen yang tidak mungkin dilakukan saat sebelumnya lebih sering beraktivitas di tempat kerja, seperti di kantor. Saat kembali ke rumah, anak mungkin sudah beristirahat atau sedang belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah. Situasi tersebut yang mungkin dialami oleh orangtua yang harus bekerja di luar rumah.

Selain itu, orangtua penting untuk mendengarkan dengan seksama apa yang dikatakan atau dikeluhkan anak. Orangtua meresponsnya dengan perkataan yang lembut dan meyakinkan. Pada saat demikian, orangtua juga bisa menceritakan situasi yang terjadi sekarang, yaitu dunia sedang menghadapi pandemi Virus Corona / Covid-19. Anak-anak juga bisa diajarkan secara sederhana cara-cara menghindari terinfeksi virus tersebut. Orangtua bisa menjelaskannya dengan kata-kata atau perumpamaan yang mudah dimengerti oleh anak.

Tips-tips lebih lengkapnya bisa disaksikan dalam video di atas soal cara-cara sederhana membantu anak mengatasi stress karena di selalu berada di rumah akibat pandemi Virus Corona / Covid-19.

Video Populer

Foto Populer