Sukses


7 Manfaat Berjemur bagi Kesehatan Tubuh, Tingkatkan Kinerja Otak

Bola.com, Jakarta - Berjemur di pagi hari setelah kita melakukan aktivitas olahraga dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan tubuh. Pagi hari menjadi waktu yang tepat jika ingin berjemur, karena matahri belum terlalu terik dan Anda dapat mendapatkan manfaatnya.

Berjemur biasanya juga dilakukan orang barat untuk membuat cokelat kulit mereka. Satu di antara manfaat dari berjemur yang mungkin dapat kita rasakan adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Banyak orang yang mengatakan paparan ultraviolet sangat berbahaya bagi tubuh, namun faktanya banyak khasiat baik yang diberikan sinar matahari.

Musim panas segera tiba pada beberapa bulan ke depan, bangun sepagi mungkin dan berjemur di bawah sinar matahari pagi setidaknya selama lima menit, untuk mendapatkan berbagai khasiat dari sinar matahari.

Ketika sinar matahari mengenai kulit, itu membantu mengubahnya menjadi vitamin D yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Berbagai manfaat seperti menghindarkan tubuh dari peradangan dan melindungi tubuh dari kanker bisa Anda dapatkan saat berjemur di pagi hari.

Seperti yang kita ketahui, tubuh manusia tidak bisa menghasilkan vitamin D dengan sendirinya, bahkan tidak banyak makanan mengandung vitamin D yang dapat kita konsumsi sehari-hari.

Dengan itu semua satu di antara cara yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan vitamin D beserta manfaatnya adalah berjemur di bawah sinar matahari selama 5-15 menit.

Jangan berjemur atau berdiri di bawah sinar matahari antara pukul 11 hingga 15.00, karena dalam waktu itu matahari akan sangat terik dan dapat merusak kulit dan menyebabkan keriput pada kulit.

Berjemurlah pada waktu pagi menjelang siang, hal tersebut dapat menjaga kesehatan jantung. Selain itu Anda juga dapat mengatasi depresi dan ini juga dapat membantu mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. 

Ada beberapa manfaat lain yang bisa kita dapatkan kita berjemur di bawah sinar matahari.

Berikut Bola.com merangkum dari Med Life, tujuh manfaat berjemur yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

2 dari 4 halaman

Mengurangi Tekanan Darah

1. Mengurangi tekanan darah

Satu di antara penyakit yang paling umum diderita banyak orang adalah tekanan darah tinggi. Ada banyak makanan yang dapat menurunkan tekanan darah yang cukup tinggi, namun berjemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih 15 menit daat mengurangi tekanan darah dengan lebih efisien.

2. Membantu mengatasi masalah tidur

Jika Anda menderita sleep apnea atau insomnia, yang perlu Anda lakukan adalah berjemur di bawah sinar matahari di pagi hari paling tidak selama 15 menit dan ini dapat membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

3. Meningkatkan kinerja otak

Berjemur di pagi hari dapat membantu kinerja fungsi otak dengan membuat otak memproduksi lebih banyak serotonin, yang merupakan zat kimia dalam tubuh yang dapat meningkatkan suasana hati.

Jika Anda sering melakukan aktivitas di dalam ruangan dan kurang berjemur di bawah sinar matahari, hal tersebut dapat menyebabkan depresi. Cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari selama minimal 15 menit setiap hari.

4. Mengurangi potensi terkena Alzeimer

Terdapat penelitian bahwa orang yang mengidap penyakit Alzeimer, dan berjemur dengan rutin di pagi hari, dapat memiliki skor bagus ketika melakukan ujian mental dan mengurangi gejala penyakit. 

Hal tersebut juga merupakan fakta yang terbukti bahwa orang yang mengidap Alzheimer yang terpapar sinar matahari memiliki lebih sedikit gejala depresi.

3 dari 4 halaman

Menyembuhkan Penyakit Kulit

5. Menyembuhkan penyakit kulit

Berjemur di bawah sinar matahari dengan rutin selama minimal lima menit akan membantu menjauhkan Anda dari gangguan kulit seperti jerawat, eksim, penyakit kuning, psoriasis, dan infeksi kulit yang diakibatkan oleh jamur.

Sinar matahari telah digunakan untuk berbagai macam masalah kulit sejak dahulu kala.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah berjemur di bawah sinar matahari secara rutin untuk menghilangkan berbagai masalah pada kulit, jangan berjemur terlalu lama karena hal tersebut akan merusak kulit.

6. Membantu pertumbuhan anak

Beberapa penelitian menunjukkan bagi anak yang terpapar sinar matahari pagi selama kurang lebih 15 menit, dapat berpengaruh pada tinggi badan mereka di kemudian hari.

Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah membiarkan anak Anda tetap di bawah sinar matahari paling tidak selama 15 menit di pagi hari secara rutin dan ini akan membantu pertumbuhan mereka.

4 dari 4 halaman

Mengurangi Risiko Kanker

7. Mengurangi risiko kanker

Kekurangan asupan vitamin D adalah satu di antara penyebab munculnya kanker pada tubuh. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kanker payudara dan kanker usus besar. 

Kulit manusia dapat menghasilkan sejumlah besar vitamin D dan ini terjadi ketika kulit Anda terkena sinar matahari. Cara yang paling mudah adalah berjemur di bawah sinar matahari di pagi hari. Berjemur akan mengurangi risiko Anda terkena berbagai jenis kanker lainnya.

8. Meningkatkan kesehatan tulang

Tulang sangat membutuhkan asupan vitamin D agar tetap kuat dan sehat. Di sisi lain, sinar matahari adalah satu di anatara sumber vitamin D yang sangat baik bagi tubuh kita.

Jadi, hal yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang adalah berjemur secara rutin setiap hari selama 10-15 menit.

Sumber: Med Life

Video Populer

Foto Populer