Sukses


5 Jenis Ikan yang Bagus bagi Penderita Kolesterol

Bola.com, Jakarta - Kolesterol terbentuk di dalam hati dan memiliki fungsi penting untuk tubuh. Kolesterol atau zat lilin yang diproduksi oleh hati saat tubuh kita banyak mengonsumsi makanan hewani seperti daging, telur, dan susu.

Ada dua jenis kolesterol yang terdapat dalam tubuh. Pertama adalah kolesterol (LDL) yang berbahaya bagi tubuh dan kolesterol (HDL) merupakan kolesterol yang dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan tinggi gula bisa menaikkan level kolesterol.

Tingginya tingkat kolesterol dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius dan hal itu sering disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara menurunkan kolesterol tinggi.

Anda dianjurkan untuk menghindari asupan makanan olahan atau junk food, berolahraga secara teratur, dan mengatur stres untuk mengatasi masalah kolesterol.

Ketika kadar kolesterol LDL tinggi, akan menimbulkan penyumbatan aliran darah. Timbunan lemak jahat itu dapat mengganggu suplai makan menuju jantung.

Faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit kolesterol adalah obesitas, merokok, minum berlebihan, faktor usia, dan keturunan.

Jika terus dibiarkan, kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke.

Dilansir dari Alo Dokter, kolesterol tinggi terjadi saat kadar kolesterol dalam darah berada di atas kadar normal (> 200 mg/dL).

Jika kolesterol jahat dalam tubuh sedang tinggi, Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan untuk menurunkannya, termasuk ikan.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, jenis-jenis ikan yang mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan aman dikonsumsi, Rabu (8/4/2020).

2 dari 6 halaman

1. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung vitamin B12, asam lemak omega-3, selenium, dan kalium. Mengonsumsi ikan salmon mampu meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan risiko peradangan dan stroke.

Mengonsumsi ikan jenis ini sekali seminggu dengan cara dipanggang, bisa mengurangi risiko stroke 27 persen lebih rendah dibanding yang tidak.

Perlu diperhatikan, jika Anda mengonsumsinya berlebihan dalam bentuk suplemen, hal itu berisiko menyebabkan perdarahan apabila di saat yang bersamaan Anda mengonsumsi obat antikoagulan.

3 dari 6 halaman

2. Ikan Tuna

Ikan yang baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol selanjutnya adalah ikan tuna. Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan tuna dikenal bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Ikan tuna dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat, bahkan juga dapat menurunkan kadar trigliserida, menurunkan risiko aritmia (detak jantung tidak teratur), dan memperlambat penumpukan plak di arteri.

Mengonsumsi ikan tuna mampu mencukupi asupan selenium harian dan membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif dan telah terbukti penting untuk kesehatan reproduksi dan tiroid.

4 dari 6 halaman

3. Ikan Herring

Ikan herring merupakan nama ikan kecil yang populer di Belanda. Mengonsumsi ikan herring mampu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Ikan herring aman dikonsumsi oleh orang memiliki tingkat kolesterol yang tinggi dengan jumlahnya tidak berlebihan.

5 dari 6 halaman

4. Ikan Sarden

Ikan sarden mudah dijumpai dan tersedia dalam kaleng dan terkenal karena aroma dan rasanya yang kuat. Makanan laut ini layak dikonsumsi karena nilai gizinya.

Ikan sarden mengandung riboflavin, niasin, vitamin B12, dan vitamin D. Riboflavin dapat membantu mencegah katarak dan migrain, niasin dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan memperbaiki gejala radang sendi.

Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak Omega-3 menurunkan kolesterol ke tingkat yang sehat, dan menjadikan ikan sarden penting bagi sistem kardiovaskular.

6 dari 6 halaman

5. Ikan Mackerel

Mengonsumsi ikan mackerel bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Ikan mackerel sangat kaya nutrisi terutama protein, asam lemak omega-3, vitamin B12, selenium, niasin dan fosfor, dan berbagai vitamin dan mineral penting lainnya.

Mengonsumsi ikan mackerel selama dua minggu memiliki rata-rata kadar kolesterol lebih rendah dibandingkan oleh mereka yang makan selain ikan.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer