Sukses


9 Manfaat Spirulina bagi Kesehatan Tubuh, dari Jerawat hingga Antikanker

Bola.com, Jakarta - Mungkin kamu sudah sering mendengar suplemen nutrisi untuk meningkatkan kesehatan tubuh yang berasal dari spirulina. Pasalnya, sumber suplemen ini digadang-gadang sebagai superfood alias makanan super yang memiliki banyak khasiat baik bagi tubuh kamu.

Spirulina dianggap memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Spirulina dapat ditemukan dalam bentuk padatan, seperti kapsul atau tablet, serta bisa ditemukan dalam bentuk bubuk untuk ditambahkan ke dalam makanan yang dikonsumsi.

Spirulina adalah satu di antara spesies dari cyanobacteria, tanaman ganggang berpigmen hijau-kebiruan, yang bisa dikonsumsi manusia. Cyanobacteria adalah bakteri yang hidup di dalam air dan dapat melakukan fotosintesis.

Spirulina tumbuh di perairan tropis dan subtropis yang memiliki kandungan garam tinggi. Spirulina sarat dengan berbagai nutrisi dan antioksidan yang dapat bermanfaat bagi tubuh dan otak.

Spirulina memiliki kandungan protein dan vitamin yang tinggi, yang membuatnya menjadi suplemen makanan yang sangat baik bagi para vegetarian. Spirulina merupakan satu di antara suplemen paling populer di dunia.

Habitat spirulina adalah di air laut dan di air tawar. Spirulina sudah ada sejak berabad-abad lalu dan telah lama dimanfaatkan kandungan nutrisinya oleh suku Aztec yang ada di Amerika Tengah, tepatnya di Meksiko, sebagai bahan makanan mereka.

Selain memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, spirulina juga bermanfaat untuk kecantikan dan biasa digunakan untuk perawatan wajah seperti masker. Masker spirulina bisa memberikan hasil yang menakjubkan pada kulit wajah dan rambut.

Ada berbagai macam jenis spirulina. Namun, dua di antaranya dapat digunakan pada olahan makanan, yaitu spirulina platensis (Arthrospira platensis) dan spirulina maxima (Arthrospira maxima).

Berikut manfaat spirulina bagi kesehatan dilansir dari laman Alo Dokter, SehatQ, dan Dokter Sehat, Minggu (28/6/2020).

2 dari 5 halaman

Menurunkan Kadar Tekanan Darah

1. Menurunkan Kadar Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi merupakan satu di antara faktor pemicu munculnya berbagai macam penyakit berbahaya, misalnya serangan jantung, gagal ginjal, maupun stroke. Dalam penelitian dari National Autonomous University of Mexico menyatakan bahwa, mengonsumsi spirulina mampu mengatasi  tekanan darah tinggi.

Spirulina mampu menurunkan tekanan darah dengan rutin mengonsumsi selama 6 minggu.

2. Menurunkan Berat Badan

Spirulina adalah suplemen makanan bergizi tinggi, rendah kalori yang mengandung banyak nutrisi. Mengonsumsi spirulina dapat membantu orang menurunkan berat badan tanpa kehilangan nutrisi.

Hasil uji coba terkontrol plasebo (obat kosong) dua kali lipat menunjukkan bahwa manfaat spirulina dapat membantu menurunkan berat badan. Dalam studi tersebut, orang yang kelebihan berat badan dan rutin makan spirulina selama 3 bulan menunjukkan peningkatan indeks massa tubuh atau (IMS).

3 dari 5 halaman

Mengatasi Anemia

3. Mengatasi Anemia

Manfaat selanjutnya dari mengonsumsi spirulina adalah mengatasi anemia. Penyakit anemia merupakan kondisi ketika jumlah sel darah merah lebih rendah dari jumlah normal.

Anemia cukup umum terjadi pada orang dewasa atau orang tua, yang mengarah ke perasaan lemas dan kelelahan yang berkepanjangan. Efek yang diberikan setelah mengonsumsi spirulina mampu meningkatkan kadar hemoglobin dalam sel darah merah dan perannya dalam meningkatkan sistem imun tubuh.

4. Meningkatkan Metabolisme

Mengonsumsi spirulina dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Ketika mengonsumsi spirulina metabolisme meningkat lebih tinggi dan membuat seseorang merasa memiliki lebih banyak energi.

Mengonsumsi 6 gram spirulina per hari mengalami efek metabolik yang menguntungkan yang dapat membantu menurunkan berat badan juga. Seiring dengan penurunan berat badan,  kualitas hidup juga yang berhubungan dengan kesehatan menjadi lebih baik.

5. Membersihkan Kulit Wajah

Spirulina juga dapat digunakan sebagai masker wajah. Bagi kamu yang mengalami kusam dan kulit kering akibat paparan sinar matahari yang cukup lama bisa menggunakan spirulina sebagai solusinya.

Penggunaan masker spirulina untuk kulit kamu mampu membersihkan kulit dari kekusaman. Spirulina mengandung klorofil yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam dan kasar.

4 dari 5 halaman

Mengatasi Jerawat

6. Mengatasi Jerawat

Bagi kamu yang mempunya masalah terkait jerawat tak perlu khawatir. Spirulina yang dijadikan masker bisa menjadi solusi.

Spirulina yang diaplikasikan menjadi masker pada wajah mampu menyingkirkan bakteri-bakteri penyebab jerawat. Jerawat timbul karena disebabkan adanya infeksi akibat bakteri.

Zat antibakteri pada spirulina mampu menyingkirkan bakteri-bakteri penyebab jerawat.

7. Mengangkat Racun

Masih dengan penggunaa spirulina sebagai masker. Masker spirulina ternyata juga memiliki peran penting dalam detoksifikasi.

Sifat antitoxic yang terkandung di dalam spirulina efektif untuk mengangkat racun-racun yang ada pada kulit bagian luar. Racun-racun atau logam yang menempel pada kulit wajahmu bisa dibuang sehingga kulit menjadi lebih sehat.

Selain itu, penggunaan masker ini juga memberikan efek penenang karena racun telah terangkat.

5 dari 5 halaman

Antikanker

8. Antikanker

Beberapa penelitian membuktikan bahwa khasiat yang diberikan spirulina dapat mengurangi risiko kanker dan ukuran tumor. Spirulina diyakini berpotensi mengatasi kanker mulut.

Efek spirulina pada kanker mulut telah dipelajari dengan sangat baik. Satu studi meneliti 87 orang dari India dengan lesi prakanker - disebut oral submucous fibrosis (OSMF) di mulut.

Di antara mereka yang mengonsumsi 1 gram spirulina per hari selama satu tahun, 45 persen melihat lesi mereka hilang - dibandingkan dengan hanya 7 persen pada kelompok kontrol.

9. Menurunkan Kadar LDL dan Trigliserida

Mengonsumsi suplemen dengan bahan dasar spirulina dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol total, LDL atau kolesterol jahat, dan trigliserida. Bahkan spirulina memberikan efek positif yang mampu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik.

Spirulina mampu menjaga kadar kolesterol dan trigliserida Anda dalam ambang normal. Selain itu, kandungan gamma-linoleat dalam spirulina mampu memengaruhi produksi lemak dalam tubuh.

Struktur lemak dalam tubuh Anda rentan terhadap kerusakan oksidatif. Reaksi ini dikenal sebagai peroksidasi lipid, pendorong utama banyak penyakit serius.

Mengonsumsi 8 gram spirulina per hari secara signifikan mengurangi penanda kerusakan oksidatif. Ini juga meningkatkan kadar enzim antioksidan dalam darah.

 

Sumber: Alo Dokter, SehatQ, Dokter Sehat

Video Populer

Foto Populer